Sekilas Info

Dishub Berangkatkan Pemudik Gratis

KABARTIMURNEWS.COM, AMBON - Dinas Perhubungan Provinsi Maluku mulai memberangkatkan pemudik antar pulau melalui Pelabuhan Yos Sudarso, Ambon lewat program mudik gratis Lebaran 2019.

Menggunakan dua unit kapal perintis, KM Sabuk Nusantara 107 dan KM Sabuk Nusantara 71 sebanyak 900 pemudik tujuan Seram Bagian Barat (SBT) diberangkatkan dari Pelabuhan Yos Sudarso, Ambon, Sabtu (25/5).

KM Sabuk Nusantara 107 melayari rute Ambon-Werinama-Kelmuri-Geser-Gorom-Fak Fak-Bula-Kobi-Wahai-Waigama-Sorong mengangkut 500 pemudik. Sedangkan KM. Sabuk Nusantara 71 rute Ambon-Werinama-Kelimuri-Geser-Gorom-Kesui-Teor-Kaimer-Kur-Toyando-Tual-Ambon mengangkut 400 penumpang.

Kepala Dishub Provinsi Maluku, Johanes Frans Papilaya menjelaskan, program mudik gratis merupakan program Pemerintah Provinsi Maluku untuk membantu masyarakat yang ingin pulang ke kampung halaman merayakan Idul Fitri 1440 Hijriah bersama keluarga. Melalui mudik gratis ini tidak akan terjadi lagi penumpukan.

Selain mudik gratis tujuan SBT, masih ada mudik gratis ke pulau lainnya di Maluku. “Ada juga ke Banda satu trip, Tual tanggal 28 dan juga dengan kapal ferry ke Pulau Seram (pelabuhan Hunimua ke Waipirit),” jelasnya di sela-sela peninjauan pemberangkatan mudik gratis di Pelabuhan Yos Sudarso.

Untuk jalur Pulau Buru diberangkatkan menuju Namlea dari Pelabuhan Galala, Ambon.

Manager Operasional PT Pelni Ambon, Jasman mengatakan selain KM Sabuk Nusantara 107 dan 71, KM Sabuk Nusantara 72 juga dioperasikan untuk mengangkut pemudik gratis tujuan Ambalau dari Ambon pada 24 Mei. “Kemarin sudah jalan itu (Sabuk 72) tapi hanya 49 orang saja pemudik,” tandasnya.

Tiga kapal tol laut jenis perintis itu yang dioperasikan mengakut pemudik antar pulau di Maluku melalui program mudik gratis Pemerintah Provinsi Maluku. (RUZ)

Penulis:

Baca Juga