Sekilas Info

Tiga Ruas Jalan di SBT Rusak

ILUSTRASI

KABARTIMURNEWS.COM, AMBON - Tiga ruas jalan di Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) tepatnya di Kecamatan Kian darat, Tutuk Tolu dan Teluk Waru, rusak parah.

Warga yang melintasi wilayah itu kerap mengeluh. Warga meminta jalan itu ditingkatkan dari status kabupaten menjadi nasional. Hal itu penting sehingga kondisinya bisa diperhatikan pemerintah pusat.

“Untuk jalan ini, belum ada status jalannya. Yang tau hanya pemda SBT. Masyarakat mengeluh kondisi tiga jalan ini. Mereka minta statusnya dinaikan ke status nasional supaya ada perhatian pemerintah pusat,” kata Anggota DPRD Maluku, Ridwan Elys kepada Kabar Timur, Minggu (19/5).

Pada 2015 lalu, jalan ini pernah dikerjakan Balai Pelaksanaan Jalan dan Jembatan wilayah Maluku-Malut. Namun belum sempat selesai, terjadi kasus suap Damayanti sehingga pekerjaan terpaksa dihentikan hingga saat ini.

Usulan peningkatan status jalan, kata dia, telah disampaikan ke Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Maluku. Alasannya, jalan tersebut sudah masuk jalan Trans Seram yang mengakses ke bandara dan beberapa pelabuhan di SBT. Namun kondisi jalan saat ini masih seperti kubangan ternak.

“Kita sudah usulkan ke Dinas PUPR jalan ini statusnya harus Nasional. Jangan lagi kabupaten atau provinsi karena ini jalan trans Seram. Namun penjelasan Dinas PUPR nanti setelah semua jalan nasional ditetapkan baru dimasukan,” katanya.

Politisi PKS ini berharap, usulan tersebut secepatnya diperhatikan pemerintah pusat. Karena jalan trans Seram masih tertinggal jauh. Terutama untuk akses darat membutuhkan infrastruktur yang memadai bagi masyarakat.

“Kita butuh infrastruktur jalan yang memadai terutama di tiga wilayah ini, untuk bisa akses semua daerah dan memberikan kemudahan kepada masyarakat. Ini yang diperlukan,” tutupnya. (MG3)

Penulis:

Baca Juga