Sekilas Info

Pelni Prediksi Puncak Mudik 27 Mei-2 Juni

ARUS MUDIK: Dua pekan menjelang Idul Fitri, arus penumpang mudik mulai terlihat di Pelabuhan Yos Sudraso Ambon, Sabtu (18/5) dini hari. RUZADY ADJIS/KABAR TIMUR

KABARTIMURNEWS.COM, AMBON - PT Pelni (Persero) Cabang Ambon memprediksikan puncak mudik Idul Fitri 1440 Hijriah pengguna transportsi laut 27 Mei hingga 2 Juni mendatang.

“Prediksinya mulai 27 Mei sampai tanggal 2 (Juni), terjadi peningkatan untuk angkutan mudik Lebaran,” kata Manager Operasional PT Pelni Ambon, Jasman kepada Kabar Timur saat memantau arus mudik di Pelabuhan Yos Sudarso, Ambon, Sabtu (18/5) dini hari.

Pelni menambah dua kapal selama mudik, yakni KM Gunung Dempo dan KM Ciremai. Total 10 kapal Pelni singgahi Pelabuhan Yos Sudarso, Ambon.

Hari-hari biasa, hanya delapan kapal Pelni yang singgah di Pelabuhan Yos Sudarso. “Gunung Dempo dan Ciremai ini dari Papua ke Jawa tapi deviasi ke fort Ambon. Selama ini kedua kapal ini tidak masuk Ambon, tapi melayani arus mudik dideviasikan ke pelabuhan Ambon” jelasnya.

Kapal perintis Sabuk Nusantara juga siap melayani mudik Lebaran. “Ada empat kapal yang siap melayani (mudik ),” sebut Jasman.Untuk tiket kapal, Jasman memastikan tiket tersedia dalam jumlah yang sesuai kapasitas.

“Insya Allah cukup karena calon penumpang kita sudah terurai. Jauh-jauh hari sebelum puasa mereka sudah membeli tiket dan ada juga yang sebelum puasa sudah mudik duluan ke daerah. Sehingga tidak ada penumpukkan calon penumpang di dalam satu tanggal,” bebernya.

Olehnya itu, Jasman memastikan tiket kapal Pelni tersedia sampai hari H kapal tiba di Pelabuhan Yos Sudarso Ambon. “Disiapkan (tiket). Karena mungkin akan ada penambahan kapasitas sekitar 60-67 persan,” tuturnya.

Jumlah tiket yang dimasukkan dalam program Mudik Gratis Tahun 2019 bersama Bulog, Jasman mengatakan, 600 tiket disiapkan bagi pemudik dari Pelabuhan Ambon menuju Pelabuhan Banda Neira menggunakan KM Ngapulu pada 30 Mei mendatang. “Dari Bulog ada sekitar 600 orang rute Ambon-Banda, satu hari perjalanan saja,” tandasnya.

Sementara itu, Pantauan Kabar Timur di Pelabuhan Yos Sudarso, Ambon, Sabtu (18/5) dini hari, ribuan pemudik padati areal pelabuhan. Tiga kapal Pelni singgahi Pelabuhan Ambon mengangkut penumpang.

Ketiga kapal itu, yakni:, KM Pangrango menuju pelabuhan Banda Neira, KM Dorolonda menurunkan ratusan penumpang di Pelabuhan Yos Sudarso Ambon dari Ternate-Bitung. Dan mengangkut ratusan penumpang tujuan Namlea-Bau-Bau-Makassar-Balikpapan-TanSebelumnya, KM Sangiang diberangkatkan dari Pelabuhan Ambon menuju Geser-Fak Fak-Sorong. (RUZ)

Penulis:

Baca Juga