Sekilas Info

Bursa Pilkada MBD & SBT Ramai di Medsos

KABARTIMURNEWS.COM, AMBON - Meski pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Maluku Barat Daya (MBD) dan Seram BagianTimur (SBT), digelar 2020 mendatang, sejumlah figur yang bakal digadang-gadang merebut kursi panas di dua daerah mulai ramai digulir di Media Sosial (Medsos).

Postingan sejumlah warga MBD dan SBT di Medsos Facebook, sudah tampak, siapa figur-figur yang bakal ambil bagian di hajatan lima tahunan untuk menjadi pemimpin mereka lima tahun kedepan. Di MBD misalnya, selain incumbent Benyamin Noach (Plt Bupati MBD), nama Simon Mose Maahury (mantan calon Bupati MBD), Odie Orno (Kadis Pendidikan MBD/adik Wagub Maluku), Alfons Siamiloy (Sekda MBD), Aser Orno (Jaksa), Anos Jermias (anggota DPRD Maluku) dan sejumlah figur lainnya.

Figur-figur ini digadang untuk merebut kursi Bupati dan Wakil Bupati di MBD. “Ini calon pemimpin-pemimpin yang memiliki niat tulus bangun MBD. Tapi tergantung basudara semua,’’kata Yani Kapasiang dalam laman fecebooknya.

Sejumlah warga SBT juga demikian. Mereka memposting sejumlah figur yang bakal maju sebagai kandidat Bupati dan Wakil Bupati. Incumbent Mukti Keliobas (Bupati SBT) digadang-gadang sejumlah figur yang bakal dampingi dirinya.

Diantaranya: Rohani Vanath, isteri mantan Bupati SBT, Abdullah Vanath. Nama Rohani menguat, menyusul Mukti dan Fachri Alkatiry (Wakil Bupati SBT), disebut-sebut bakal pisah di Pilkada SBT, 2020, mendatang.

‘’Insya Allah ini, (Mukti-Rohani), bakal pasangan calon bupati dan wakil bupati SBT,’’kata Mauw Diyah dalam laman facebooknya, kemarin. Selain Rohani, dia juga memprediksikan Mukti bakal gandeng Agil Rumakat. Bahkan, pasangan Mukti-Agil diberi diakronim (MUTIARA).

Tapi, slogan (MURAH) Mukti-Fachri (MUFAKAT jilid II), masih diprediksi jalan. “Silakan pilih mana pasangan yang tepat menurut anda untuk pimpin SBT kedepan,’’ tulisnya.

Sekedar tahu, Pilkada MBD dan SBT dimajukan 2020, karena akan dilakukan Pilkada serentak 2024 mendatang. Meski masa bakti mereka berakhir 2021, bursa Pilkada di dua daerah itu mulai panas, karena tahapan Pilkada akan dimulai medio Agustus 2019 mendatang.

Bupati MBD Barnabas Orno-Benyamin Noach, misalnya dilantik 26 April 2016 lalu. Kini kursi Bupati MBD kosong, setelah Orno dan Murad Ismail terpilih merebut kursi Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku.

Noach kini menjabat Plt Bupati MBD. Informasi yang diperoleh dalam waktu dekat DPRD MBD menggelar rapat paripurna mengusulkan Noach dilantik sebagai Bupati MBD.

Begitu juga Pilkada SBT. Meski, Mukti dan Fachry dilantik sebagai Bupati dan Wakil Bupati SBT, 17 Februari 2016 lalu, namun jabatan Mukti dan Fachry, berakhir 2021, Pilkada SBT akan dimajukan bersama Pilkada MBD 2020 mendatang. (KTM)

Penulis:

Baca Juga