Sekilas Info

Soal Gepeng Dewan Minta Dinsos Harus Kreatif

KABARTIMURNEWS.COM, AMBON - Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon, diminta untuk segera membuat atau merencanakan pengadaan rumah singgah bagi para Gelandangan dan Pengemis (Gepeng), yang setiap saat terusbertambah. Mirisnya, saat ini jumlah para Gepeng tersebut sebagian besar adalah anak-anak.

Wakil Ketua Komisi I DPRD Kota Ambon, Rovik Akbar Afifudin mengatakan, peningkatan jumlah Gepeng yang sebagaian besar terdiri dari anak-anak jangan dipandang sebelah mata oleh Pemkot Ambon.

“Dalam hal ini Dinas Sosial Kota Ambon harus melihat persoalan ini secara serius. Sebab kita lihat saja dengan realita yang terjadi, banyak Gepeng yang terdiri dari anak dibawah umur berkeliaran disaat jam sekolah dan itu tidak mendapat perhatian sama sekali dari pemerintah,” jelasnya , Senin (13/5) kemarin

Padahal, sambungnya, Gepeng-gepang yang terdiri dari anak-anak tersebut jika dibuat satu rumah singgah oleh Dinas Sosial, maka dengan mudah pemerintah kota mampu mengidentifikasi masing-masing dari mereka.

“Dinsos ini harus sedikit kreatif lah. Dia harus melihat bahwa pengdaan rumah singgah khusus gepeng ini memiliki banyak manfaat postif. Salah satunya rumah tersebut bisa menjadi tempat edukatif dimana jika semua gepeng berhasil ditampung maka Pemkot akan dengan mudah mengetahui cara penanganannya,” paparnya.

Diakuinya, Pemkot terksean sangat mengabaikan para Gepeng yang berada di Kota Ambon, mungkin diakui Rovik Kota Ambon, memiliki keterbatasan anggaran makanya tidak bisa membuat rumah penampuangan Gepeng.

“Jika memiliki masalah lantaran karena anggaran yang tidak seberapa, menurut saya itu bukanlah suatu alasan yang pas. Pemerintah Kota ini terlalu sibuk dengan urusan atau kegiatan yang bersifat serimonial belaka, padahal masih ada yang lebih penting,” paparnya.

Dijelaskannya, sampai kapanpun Pemkot Ambon tidak akan bisa mampu membangun rumah singgah, dikarenakan komitmen dalam penanganan suatu masalah yang ada didalam batang tubuh Pemkot sendiri diakui tidak jelas.

“Jadi khusus untuk penangana Gepeng, saya rasa kalau mau cepat diselesaikan maka jangan hanya berikan tanggungjawab kepada Dinsos saja, harus libatkan beberapa Dinas yang bersangkutan juga. Kalau tidak, maka sampai kapanpun Gepeng akan begitu-begitu saja di Kota Ambon,” ungkapnya. (M5)

Penulis:

Baca Juga