Sekilas Info

Masyarakat Diminta Waspada Cuaca Ekstrim

KABARTIMURNEWS.COM, NAMROLE - Masyarakat Kabupaten Buru Selatan (Bursel) diminta untuk meningkatkan kewaspadaan menyusul adanya perubahan cuaca yang terjadi beberapa waktu belakangan ini.

"SAYA minta masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan karena kondisi cuaca yang berubah beberapa hari terakhir ini," pinta Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Buru Selatan Awat Mahulauw kepada Kabar Timur di ruang kerjanya, kemarin.

Menurut Mahulauw, perubaban cuaca menyebabkan angin disertai hujan lebat dan gelombang laut. Olehnya itu masyarakat atau nelayan maupun pengguna transportasi laut diminta untuk meningkatkan kewaspadaan saat melakukan aktivitas di laut, baik itu berlayar maupun melaut.

"Jangan memaksakan diri untuk melaut atau berlayar bila kondisi laut tidak bersahabat," ingatnya.

Bagi masyarakat yang beraktivitas di darat, dimintakan untuk menghindari wilayah-wilayah yang rawan terjadinya longsor atau pohon tumbang.

Mahulauw meminta masyarakat untuk membangun koordinasi atau menyampaikan informasi bila ada terjadi hal-hal yang mengancam keselamatan.

"Saya minta masyarakat untuk pro aktif dalam menyampaikan informasi bila ada hal-hal yang berkaitan langsung dengan bencana alam," pintanya.

Ditamnbahkan BPBD Kabupaten Buru Selatan terus memantau kondisi cuaca yang terjadi saat ini . “Saya sudah sampaikan ke staf untuk terus memantau kondisi cuaca ,”pungkasnya. (KTL)

Penulis:

Baca Juga