Sekilas Info

Lima TPS Nusaniwe Direkomendasi PSU

Revo Gaspersz

KABARTIMURNEWS.COM, AMBON - Hasil rekapitulasi perolehan suara Pemilu 2019 di tingkat Kecamatan Nusaniwe, Kota Ambon hingga Kamis (25/4) malam, setidaknya ada lima TPS yang direkomendasikan PPK setempat untuk dilakukan Pemungutan Suara Ulang (PSU).

Hal ini diungkap PPK Kecamatan Nusaniwe, Revo Gaspersz yang ditemui disela-sela proses rekapitulasi suara Pemilu 2019 tingkat Kecamatan Nusaniwe di gedung Katolik Center, Kelurahan Benteng, Kota Ambon, kemarin, malam.

Dia menjelaskan, TPS - TPS yang direkomendasi PSU diantaranya TPS 02 dan 07 Kelurahan Urimesing, TPS 01 dan 05 Kelurahan Silale dan TPS 03 Wainitu. Sementara jumlah desa/kelurahan yang sudah direkapitulasi perolehan suara Pemilu 2019 oleh PPK Nusaniwe baru mencapai tujuh desa/kelurahan dari total 13 Desa/Kelurahan.

Desa/kelurahan yang sudah clear direkap diantaranya Negeri Silale, Negeri Nusaniwe, Negeri Amahusu, Kelurahan Urimesing, Kelurahan Wainitu, Kelurahan Seilale dan Kelurahan Benteng. Total TPS di Kecamatan Nusaniwe sebanyak 239.

“Sesuai hasil rekapan yang sudah dilakukan di tingkat PPK sampai hari ini (Kamis), ada lima TPS yang direkomendasikan untuk PSU. Dua di Kelurahan Urimesing, dua di Kelurahan Silale serta satu di Kelurahan Wainitu,”ungkapnya.

Menyoal penyebab adanya rekomendasi PSU, kata Gaspersz, dikarenakan pemilih yang tidak masuk dalam DPTb ikut mencoblos sehingga terjadi penggelembungan suara. Rekomendasi PSU ini diakuinya sudah dilakukan secara lisan untuk TPS maupun PPK serta secara tertulis untuk KPU Kota Ambon. “Untuk pelaksanaanya (PSU) bisa dikoordinasikan (tanyakan) KPU,”sambungnya.

Dirinya menargetkan sesuai jadwal proses rekap ditingkat Kecamatan bisa selesai meskipun tidak dipungkiri petugas PPK maupun PPS serta Panwascam mengalami kelelahan dalam tahapan ini.

“Target kita sesuai jadwal bisa selesai (rekap), tapi kalau waktu tidak mencukupi kita akan upayakan semaksimal mungkin. Kita juga mau selesai cepat, capek, keluar pagi pulang pagi, bayangkan itu, ada juga beberapa (petugas PPK) yang sakit,”tandasnya. (RUZ)

Penulis:

Baca Juga