Sekilas Info

Proyek Lampu Tenaga Surya 6 Kabupaten Rp 5,1 miliar

ILUSTRASI

KABARTIMURNEWS.COM, LANGGUR - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) telah meresmikan 300 Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (PJU-TS) di enam kabupaten di Provinsi Maluku dengan biaya mencapai Rp 5,1 miliar.

Satu unit PJU-TS menelan biaya Rp 17 juta. Biaya ini sudah termasuk penyediaan alat, pengiriman dan pemasangan.

Proyek PJU-TS ini telah berlangsung sejak Agustus 2018. Pascaperesmian, Sabtu (13/4), proses perawatan dan pengawasan sepenuhnya di bawah wewenang pemerintah kabupaten setempat.

Kementerian ESDM mengungkapkan, kendala yang kerap dialami dalam proses pemasangan PJU-TS di daerah timur adalah proses pengiriman yang memakan waktu dan biaya.

Sementara itu, Bupati Maluku Tenggara Muhamad Taher Hanubun mengakui kehadiran PJU-TS sangat membantu masyarakat untuk tetap menjalankan aktivitas di malam hari. “PJU-TS sejalan dengan impian pemerintah daerah agar kota ini bersih di siang hari dan terang di malam hari,” ujar Taher.

Pemerintah kabupaten Maluku Tenggara berencana mengusulkan tambahan 200 unit PJU-TS agar titik-titik lainnya dapat merasakan dampak yang sama. Taher bilang, masih banyak daerah di kabupaten yang membutuhkan akses penerangan serupa.

Selain itu Taher mengharapkan kesadaran masyarakat khususnya di sekitar lokasi PJU-TS. “Jangan sampai fasilitas ini hilang,” pesan Taher.

Pemerintah kabupaten Malra akan mengadakan sosialisasi kepada masyarakat agar memiliki kesadaran untuk menerima pembangunan serta keinginan melakukan hal yang baik bagi kemajuan daerah. (IKD)

Penulis:

Baca Juga