Sekilas Info

Bursel Menuju Daerah Tertib Ukur

ILUSTRASI

KABARTIMURNEWS.COM, NAMROLE - Kabupaten Buru Selatan disiapkan untuk menjadi salah satu daerah tertib ukur (DTU) bersama sejumlah daerah di Indonesia.

Pemerintah Daerah melalui Dinas Perdagangan Kabupaten Bursel sementara menyiapkan untuk penilaian DTU oleh tim Kementerian Perdagangan tahun 2019. Mewujudkan itu, Dinas Perdagangan telah menggelar rapat koordinasi. Rakor menghadirkan Kepala Badan Standarisasi Meterologi Legal (BSML) Regional IV Makassar, Hendro Purnomo.

Bupati Tagop Sudarsono Soulissa dalam sambutan tertulis mengatakan, usulan pemerintah daerah agar Bursel tahun ini ditetapkan sebagai DTU telah memasuki tahapan kegiatan pembentukan.

Tahapan ini sudah dimulai Januari dan berakhir Oktober 2019. Tahapan pembentukan DTU terdiri dari pendataan, sosialisasi dan bimbingan metrologi legal, pembuatan komitmen kerja dalam rangka mendukung pembentukan DTU, pelayanan tera dan tera ulang UTTP, pemenuhan kesesuaian, evaluasi dan penilaian.

Target DTU adalah untuk memperkuat perlindungan konsumen dan diharapkan dapat memberikan citra positif bagi daerah khususnya Bursel. Menurutnya, pembentukan DTU hanya dapat terwujud jika koordinasi antara perlindungan konsumen dan tata niaga Kementerian Perdagangan bersama pemerintah daerah dapat berjalan dengan baik.

Sebagai upaya untuk mewujudkan perlindungan terhadap konsumen, pelaku usaha dan masyarakat atas jaminan kebenaran hasil pengukuran sebagaimana dimaksud dalam Undang-Undang Nomor 2 tahun 1981 tentang metrologi legal, perlu ditingkatkan penyelenggaraan kegiatan metrologi legal guna terciptanya tertib ukur.

Menurutnya, tim tertib ukur mempunyai tugas, antara lain melakukan pendataan alat-alat ukur, takar, timbang dan perlengkapannya, memberikan sosialisasi dan bimbingan kepada wajib tera, pelayanan tera dan tera ulang, pemenuhan kesesuaian, pengawasan terhadap barang dalam keadaan terbungkus meliputi kesesuaian pelabelan dan kebenaran kuantitas. “Dan pengawasan pemakaian satuan ukuran serta melakukan monitoring dan evaluasi,” ujar bupati di Namrole, belum lama ini.

Kepala Balai Standarisasi Metrologi Legal Regional IV Wilayah Makassar, Hendro Purnomo menyambut baik keinginan Bursel untuk ditetapkan menjadi DTU. (KTL)

Penulis:

Baca Juga