Sekilas Info

KPU Gelar Lomba Kreasi Seni Pemilu

KABARTIMURNEWS.COM, NAMROLE - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Buru Selatan menggelar sejumlah perlombaan seni menjelang pemilu serentak 2019. Lomba dipusatkan di alun-alun Kota Namrole, pekan kemarin.

Berbagai lomba digelar, yakni kreasi pentas seni jingle pemilu 2019, tarian kreasi daerah tingkat SMA sederajat dan pemilih pemuda se-Kabupaten Bursel. Kegiatan ini dibuka oleh penjabat Sekretaris Daerah Bursel, Abdul Mutalib Laitupa.

Laitupa dalam sambutannya menyampaikan, perlombaan ini bertujuan meningkatkan partisipasi dan pendidikan politik bagi pemilih pemula pada keseluruhan tahapan pemilu merupakan bagian integral untuk membentuk demokrasi yang sehat.

“Praktek demokrasi dan pemilu yang sehat dan berkualitas menjadi harapan kita bersama. Harapan itu bukan hal yang mustahil untuk dapat diwujudkan asalkan ada kesadaran kolektif untuk memperbaiki hal yang kurang, dengan mempertahankan hal yang baik dari praktek demokrasi kita,” kata Laitupa.

Kehadiran pemilu yang cerdas berdemokrasi menjadi kunci peningkatan kualitas pesta demokrasi lima tahun tersebut.

KPU secara berjenjang bertanggungjawab merumuskan dan menyelenggarakan sosialisasi dan pendidikan pemlih yang sistematis, berkelanjutan serta berorentasi pada kebutuhan pemilih. “Untuk menuntun masyarakat menjadi pemilih sukarela, mandiri, rasional dan cerdas, mereka perlu diberi pengetahuan dan ditumbuhkan kesadaran politiknya. Di sinilah pentingnya penyelenggaraan pendidikan pemilih,” terangnya.

Peran serta pemilih pemula diharapkan mampu mendorong tumbuhnya kesadaran yang tinggi serta penuh tanggungjawab penuh oleh pemilih pemula untuk menggunakan haknya dalam pemilu.

“Sebagai tindaklanjut secara teknis dari PKPU Nomor 10 tahun 2018 tentang Sosialisasi, Pendidikan Pemilih bagi masyarakat dalam penyelenggaraan pemilu, KPU Kabupaten Buru Selatan secara kelembagaan terus menerus melakukan sosialisasi untuk mendukung peningkatan kualitas pemilih dalam pemilu tahun 2019,” kata Laitupa.
Kegiatan ini diikuti sejumlah SMA di Kota Namrole dan sekitarnya. Peserta begitu antusias mengikuti berbagai lomba. Pentas seni ini juga menjadi perhatian dan diapresiasi masyarakat yang menyaksikan perlombaan. (KTL)

Penulis:

Baca Juga