Sekilas Info

Fakfak-SBT Teken MoU Ekonomi

KABARTIMURNEWS.COM, AMBON - Hari ini, Pemerintah Kabupaten Fakfak, Papua Barat, Seram Bagian Timur menandatangani memorandum of understanding atau MoU kerja sama kawasan ekonomi.

Penandatanganan nota kesepahaman oleh Bupati Fakfak Mohammad Uswanas dan Bupati SBT A. Mukti Keliobas ini diharapkan mengangkat perekonomian kedua daerah, terutama SBT yang masih tertinggal.

“Kerja sama ekonomi Fakfak dan Seram Bagian Timur di bidang ekonomi. Ada enam program yaitu, perdagangan, mineral bukan logam, pendidikan, perikanan, pertanian dan transportasi,” ungkap Kabag Humas Pemkab Fakfak Gerda Tehurupun dihubungi Kabar Timur, Minggu (24/2).

Penandatanganan MoU yang akan berlangsung di Kantor Bupati SBT ini telah lama dijajaki sejak Juli 2018. Namun akhirnya mendapatkan kata sepakat dan ditindaklanjuti dengan MoU tersebut.

Menurut Tehurupun, kerjasama antara kedua daerah yang baru dirintis ini akan disusul dengan sejumlah penandatanganan kerjasama yang lebih pasti. Sebut saja bidang pendidikan, kata Tehurupun, Kabupaten Fakfak memiliki Politeknik Negeri.

Politeknik tersebut menyasar lulusan yang akan direkrut di Kilang Gas Alam Bintuni. “Tentu saja, mahasiswa Seram Bagian Timur yang merupakan lulusan Politeknik Negeri Fakfak sesuai jurusan ini juga diprioritaskan untuk kerja di LNG Bintuni,” ujarnya.

Selain pendidikan, yang tak kalah penting, kata Tehurupun adalah kerja sama transportasi laut maupun udara. Diharapkan, arus mobilisasi masyarakat meningkat setelah kerjasama kedua daerah ini dirintis. Termasuk Bandara Kufar di Bula akan dibuka penerbangan langsung ke Fakfak.

Informasi yang dihimpun Kabar Timur, sebagian besar delegasi Pemda Kabupaten Fakfak dipimpin Sekda Fakfak telah berada di Bula, Sabtu (23/2). Hari ini sesuai rencana Bupati dan rombongan yang lain akan menuju Bula, Ibu Kota Kabupaten SBT dengan kapal cepat milik Pemda Fakfak. (KTA)

Penulis:

Baca Juga