Bupati Ingatkan Kades Tidak Terlibat Politik

Bupati Bursel Tagop Sudarsono Soulisa melantik Kepala Desa Labuang Muhammad Rentua di kantor bupati lama, Senin (19/1). MARLON SAHETAPY/KABAR TIMUR

KABARTIMURNEWS.COM, NAMROLE -  Bupati Kabupaten Buru Selatan Tagop Sudarsono Soulisa mengingatkan seluruh Kepala Desa (Kades) tidak terlibat langsung dalam Pemilu serentak 17 April 2019.

“Perlu saya ingatkan kepada kades selaku penyelenggara pemerintahan, pelaksanaan pembangunan dan pembinaan kemasyarakatan desa sekaligus elit politik lokal yang berpengaruh di masyarakat, kades diharapkan tidak terlibat langsung dalam proses politik dimaksud,” kata Soulisa dalam sambutannya saat melantik Kades Labuang, Muhammad Rentua di kantor bupati lama, Senin (19/1).

Menurutnya netralitas kades mesti dikedepankan. Tidak menjadi tim sukses pada masa kampanye atau menjadi peserta kampanye baik dengan menggunakan atribut partai atau menggunakan fasilitas negara.

“Disinilah kades dituntut untuk menjadi pemimpin yang bijaksana dan mempunyai upaya dalam menjaga netralitasnya dalam pelaksanaan pemilu nantinya,” tegas dia.

Selain itu, orang nomor satu di Bumi Fuka Bipolo itu menuturkan tugas penting yang perlu kades laksanakan dalam menghadapi momen politik tahun ini adalah turut serta membantu aparat keamanan menjaga dan mempertahankan situasi kamtibmas. “Lakukan komunikasi dan koordinasi intensif  dengan aparat keamanan dan penyelenggara pemilu lainnya dalam menjaga kestabilan situasi kamtimas di masyarakat,” kata bupati. (KTL)

Penulis:

Baca Juga