Sekilas Info

Bupati Lantik Kepala Desa Labuang

KABARTIMURNEWS.COM, NAMROLE - Bupati Buru Selatan Tagop Sudarsono Soulisa melantik Kepala Desa Labuang, Muhamad Rentua.

Pelantikan digelar di aula kantor bupati lama di kawasan Desa Elfule, Kota Namrole, Selasa (19/2), disaksikan pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) lingkup Pemerintah Kabupaten Buru Selatan dan masyarakat Desa Labuang.

Dalam sambutannya, bupati menyampaikan momentum ini merupakan peristiwa penting dalam perjalan penyelenggaraan pemerintahan di daerah.  “Ini menunjukan adanya perhatian serius Pemerintah Kabupaten Buru Selatan dan seluruh masyarakat dalam upaya mendukung penyelenggaraan pemerintahan, terutama dalam penyelenggaraan pemerintahan desa,” kata bupati.

Kades Labuang diingatkan melakukan konsolidasi dengan calon Kades yang tidak terpilih untuk bersama-sama dalam proses pemerintahan, pembangunan  dan pelayanan masyarakat. “Sesungguhnya konsep pembangunan desa yang nantinya tertuang dalam RPJM Desa membutuhkan dukungn dari seluruh stakeholder untuk memperoleh konsep perencanaan menyeluruh yang aspiratif,” jelasnya.

Menurutnya dengan berlakunya Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa, pemerintah saat ini menempatkan pembangunan Indonesia dari pinggiran. Itu berarti desa sebagai prioritas pembangunan hal ini merupakan model baru penyelenggaraan pemerintahan desa. “Sebelumnya desa dianggap sebagai bagian dari struktur di atasnya tapi sekarang desa memiliki kewenangan mengatur dirinya sendiri menuju kesejahteraan  bagi warganya,” tukas bupati Bursel dua periode ini.

Menurutnya, pemaknaan desa dengan otonomi yang bersifat asli dan berwenang mengatur serta mengurus kepentingan masyarakat berdasarkan asal usul dan adat istiadat setempat. “Selaku kepala desa harus mampu menggali, mengelola dan memanfaatkan sumber daya yang dimiliki untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya,” pesan dia.

Bertolak dari dasar tersebut, pemerintah desa dituntut harus memiliki kemampuan untuk meningkatkan kinerja di dalam menyelenggarakan tugas-tugas pemerintahan, pembangunan dan pelayanan masyarakat di desanya.

Bukan hanya itu kata bupati, tapi juga harus mampu mendorong maupun menggerakan partisipasi masyarakat untuk turut serta bertanggungjawab secara aktif mendukung keberhasilan pelaksanaan pembangunan desa sehingga dapat menjadikan desa maju dan mandiri.

Muhamad rentuan terpilih pada pemilihan Kades yang digelar Pemekab Bursel pada Oktober 2018. (KTL)

Penulis:

Baca Juga