Sekilas Info

Pengangkatan P3K Tunggu Keputusan Pempus

Pegawai tidak tetap di lingkup Sekretariat Daerah Pemerintah Kabupaten Buru Selatan mengikuti apel pagi

KABARTIMURNEWS.COM, NAMROLE - Pengangkatan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K) di lingkup Pemerintah Kabupaten Buru Selatan masih menunggu keputusan Pemerintah Pusat.

Demikian disampaikan Sekretaris Daerah Kabupaten Buru Selatan Abdul Mutalib Laitupa di kantor bupati, pekan kemarin.

Walaupun demikian kata Laitupa, seleksi P3K yang diusulkan Pemerintah Pusat ditolak sebagaian besar kepala daerah di Indonesia.

Penolakan ini dikarenakan keterbatasan alokasi anggaran daerah untuk membiayai tenaga P3K jika proses penerimaan dilakukan. ”Jadi sesuai dengan hasil rapat seluruh kepala daerah di Batam, beberapa waktu lalu, pengakatan tenaga P3K ditolak, karena diperhadapkan dengan anggaran,” terangnya.

Laitupa yang juga Kepala Badan Kepegawaian Pengembangan Sumberdaya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Buru Selatan ini menjelaskan, perekrutan bisa saja dilakukan, apabila anggaran untuk membiayai P3K menjadi beban Pemerintah Pusat.

“Kita bisa saja lakukan penerimaan atau seleksi. Tetapi untuk membiayai atau gaji P3K menjadi tanggungungjawab Pemerintah Pusat. Karena saat ini proses penetapan anggaran untuk semua kabupaten/koya termasuk kabupaten Buru Selatan sudah berlangsung, sehingga tidak mungkin proses penerimaan dilakukan,” kata Laitupa.

Proses peneriman akan dilakukan, apabila pemerintah daeraah telah mengalokasikan dana untuk membayar biaya P3K. “Karena kalau tidak percuma saja proses penerimaan dilakukan tetapi tidak ada anggaran. Mudah-muah di tahun anggaran 2020, masalah penerimaan P3K bisa dibahas. Apalagi disetujui anggaran untuk membiayai P3K, proses penerimaan bisa dilakukan,” ujar dia. (KTL)

Penulis:

Baca Juga