Sekilas Info

Target PAD Wamsoba Eco Resort Naik

KABARTIMURNEWS.COM, NAMROLE - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Buru Selatan menargetkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Wamsoba Eco Resort tahun 2019 naik dari tahun sebelumnya.

“Tahun 2018 lalu capaian PAD dari Wamsoba Eco Resort hampir mencapai Rp 26 juta, naik dari tahun 2017 yang hanya Rp 20 juta.  Di tahun 2019 kita targetkan bisa mencapai Rp 75 juta,” kata Kepala Disbudpar Kabupaten Bursel, Amelia Solissa di kantornya, belum lama ini.

Menurutnya, target PAD dari objek wisata ini bisa dicapai. Sebab baru 2 minggu berjalan di awal tahun ini, sudah meraup hampir Rp 3 juta. “Capaian PAD awal tahun ini cukup menggembirakan karena baru 2 minggu, PAD hampir Rp 3 juta,” sebutnya.

Menurutnya Disparbud menaikan target PAD Wamsoba Eco Resort karena destinasi ini merupakan salah satu obyek wisata unggulkan di kabupaten dengan sembotyan Lolik Lalen Fedak Fena atau Satukan Hati Membangun Negeri tersebut.

Kendati demikian, kata Solissa, untuk mencapai PAD yang kian besar itu, masih ada kendala dan harus dicari solusi. “Kita akan upayakan capai target itu yang penting kita difasilitasi. Koordinasi dengan Pak Bupati untuk minta fasilitasi satu unit mobil untuk antar jemput staf. Mobil apa saja, mobil dinas yang tidak dipakai bisa dikasih ke kita,” ujar Amelia.

Sebab, selama ini kata dia, stafnya terkendala transportasi karena harus mengeluarkan biaya Rp 40.000 tiap hari ke Wamsoba Eco Resort menjaga pintu masuk dan menarik retribusi dari pengunjung.

“Kendalanya sampai saat ini ialah transportasi untuk staf, sementara gaji mereka hanya Rp 750.000 per bulan. Kami berharap disediakan satu unit mobiluntuk menjawab kendala ini,” ucapnya.

Untuk diketahui, Wamsoba Eco Resort merupakan salah satu obyek wisata unggulan daerah di Kabupaten Bursel. Lokasi obyek wisata ini diberikan nama sesuai nama perkampungan, Dusun Wamsoba yang tidak jauh dari lokasi wisata itu. Destinasi wisata yang memberikan kenyamanan dan keindahan alam ini memberikan kepuasan kepada pengunjung yang ingin menghabiskan waktu liburnya di Wamsoba Eco Resort.

Menuju Wamsoba Eco Resort, mata para pengungjung dimanjakan dengan pemandangan alam yang indah sepanjang jalan lokasi wisata Wamsoba. Menawarkan pantai dengan pasir putih panjang bercampur kerikil, menambah cantik hamparan pantai.

Lokasi wisata ini masih alami, sehingga pengunjung dapat menikmati alam yang terbuka luas sambil menikmati pemandangan alam yang berhadapan dengan Pulau Oki.

Obyek wisata Wamsoba menjadi salah satu alternatif pilihan tempat berlibur bagi masyarakat Kota Namrole dan sekitarnya.
Berbagai fasilitas penunjang bisa dinikmati pengunjung di obyek wisata Wamsoba. Gazebo, jalan setapak dan toilet, dihiasi batu alam yang menggambarkan kondisi alam. (KTL)

Penulis:

Baca Juga