Sekilas Info

Cuaca Buruk, Pelayaran Menuju MBD Dilarang

KABARTIMURNEWS.COM, AMBON – Kondisi cuaca yang tidak bersahabat belakangan ini yang ditandai gelombang tinggi mengganggu aktivitas pelayaran.

Demi keselamatan penumpang, Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Ambon mengeluarkan larangan pelayaran kepada Kapal Cantika Lestari 77 tujuan Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD). Larangan berlayar hingga batas waktu yang tidak ditentukan.

"Beta (saya) mau ke MBD. Tapi ada larangan karena cuaca buruk. Katanya Senin depan, baru bisa berangkat," ungkap Oto, penumpang Kapal Cantika 77 tujuan MBD di Pelabuhan Slamet Riyadi, Kota Ambon, Jumat (4/1/2019).

Kapal Cantika 77 rencananya bertolak menuju MBD, Kamis (3/1/2019), namun dibatalkan karena tinggi gelombang laut.

Akibat tertundanya keberangkatan, sejumlah warga yang berprofesi sebagai pedagang terpaksa menurunkan sayur yang telah berada di palka kapalkarena dikhawatirkan membusuk.

"Sayur kol dan wortel ini dikembalikan ke toko untuk dijual. Kalau tidak diturunkan nanti busuk," ucap Abdul Mutalib, salah seorang warga.

Heri Suryono, Kabid Keselamatan Berlayar KSOP Ambon menyebutkan, cuaca buruk terjadi mulai dari perairan laut Banda hingga Maluku Tenggara. Demi keselamatan penumpang, KSOP terpaksa menerbitkan surat larangan berlayar.

"Info dari BMKG, cuaca buruk terjadi mulai dari laut Banda. Tinggi gelombang 1,5 sampai 2 meter yang disertai angin kencang. Karena itu kapal Cantika tujuan MBD kami tunda (berangkat) sampai cuaca membaik," ungkap Heri.

KSOP akan menerbitkan surat ijin pelayaran, sampai kondisi cuaca di perairan laut wilayah tersebut membaik. "Belum bisa dipastikan. Sampai cuaca sudah membaik baru kami ijinkan untuk berlayar," tutupnya. (CR1)

Penulis:

Baca Juga