Sekilas Info

“Sinergi BUMN Untuk Indonesia” PT Jasa Rahardja Berbagi Kasih

KABARTIMURNEWS.COM, AMBON - Dana Community Social Responsibility (CSR) senilai Rp 21 miliar lebih dikucurkan oleh sejumlah BUMN (Badan Usaha Milik Negara) di Maluku diharapkan makin menambah kepercayaan masyarakat daerah ini, kalau BUMN merupakan milik rakyat.

Yaitu, melalui program-program pembangunan infrastruktur maupun pemberdayaan yang dapat dinikmati masyarakat dari kehadiran BUMN. Terkait ini, PT Jasa Rahardja sebagai salah satu BUMN yang menonjol di Maluku kembali bersinergi dengan beberapa BUMN dan mengucurkan dana CSR sebagai bentuk tanggungjawab sosial.

Selain Pembangunan Dermaga atau Tambatan Perahu di dusun Ketapang Desa Loki Kecamatan Huamual Kabupaten SBB senilai Rp 1 miliar, perusahaan asuransi milik negara ini bersama beberapa BUMN menggelontorkan dana CSR di sejumlah tempat.

Dengan menggandeng Bank BNI, Perum ASDP dan PT Perikanan Nusantara menggelontorkan dana untuk memperbaiki 28 unit rumah adat Suku Mausu di Maluku Tengah melalui KODAM XVI Pattimura senilai Rp 1.376.480.000,- Kemudian Bantuan Bina Lingkungan kepada 4 Panti Asuhan dan 2 Gereja.

Yakni, Panti Asuhan Caleb House Rp 100,000,000,- Sekolah Luar Biasa (SLB) Liliana Rp 100,000,000,- Yayasan Pelita Kasih Rp 100.000.000,- Panti Asuhan Maria Mediatrix Rp 100.000.000,- Gereja Bethesda Rp 100,000,000,- Gereja Ebenhaizer Gunung Nona Kecamatan Nusaniwe Ambon Rp 100,000,000,- Santunan masing-masing Rp 250.000,- Kepada 600 Anak Panti Asuhan atau total Rp 150,000,000,- Bingkisan Natal Rp 100.000,- Kepada 600 Anak Panti Asuhan atau total Rp 60,000,000,-
Penyerahan bantuan dana CSR dimaksud dilakukan secara simbolis di Baileo Siwalima, Karpan, Jumat (21/12). Dihadiri para pimpinan BUMN di tingkat pusat maupun daerah, pejabat Pemda, pimpinan yayasan dan perwakilan masyarakat penerima bantuan.

Menurut Dirut PT Jasa Rahardja Budi Raharjo, BUMN yang dipimpinnya telah berkomitmen untuk terus meningkatkan kontribusi bagi masyarakat di daerah termasuk Maluku. “Khusus Maluku, PT Jasa Rahardja di tahun 2018 semakin baik dalam pelayanan. Tapi Maluku butuh inovasi. Akan ada sistem yang akan kita bangun yang berbasis IT untuk meningkatkan pelayanan kami,” katanya kepada Kabar Timur usai kegiatan tersebut.

Di lain pihak, tambahnya, untuk menekan angka kecelakaan transportasi sebagai akibat kondisi geografis Maluku, diharapkan Pemda melalui Dinas Perhubungan maupun Direktorat Lalu Lintas Polri juga bersinergi. “Perlu ditambah marka-marka atau rambu-rambu lalu lintas dan sarana lain untuk menurunkan angka kecelakaan transportasi,” ujarnya.

Usai membacakan sambutan Menteri BUMN Rini Sumarno dalam kegiatan menyambut Natal dan Tahun Baru 2019 (Nataru) dengan tema “Berbagi Kasih, Sinergi BUMN untuk Indonesia” itu Deputi Restrukturisasi dan Pemberdayaan Kementerian BUMN Aloysius K. Ro kepada Kabar Timur, menandaskan BUMN hadir di tengah masyarakat sekaligus memberikan penguatan ekonomi. Melalui bantuan dana infrastruktur maupun pemberdayaan di 15 provinsi termasuk Maluku di tahun ini. “Ada dana CSR senilai Rp 2,3 triliun untuk seluruh Indonesia. Kita pastikan seluruh kabupaten dan kota dapat dana itu,” tandas Aloysius. (KTA)

Penulis:

Baca Juga