Sekilas Info

110 Calon Anggota KPU Lolos

Seleksi & Siap Dikirim ke Jakarta

KABARTIMURNEWS.COM,  AMBON - Sebanyak 110 peserta seleksi calon anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten/Kota Periode 2019-2024 di Provinsi Maluku, yang telah lolos seleksi tes kesehatan dan wawancara, akan dikirim ke Jakarta 13 Desember 2018, mendatang.

Hasil seleksi tes kesehatan dan wawancara, meloloskan 10 peserta dari setiap Kabupaten/Kota di Maluku, yang telah diumumkan 9 Desember 2018.

Ketua Tim Seleksi (Timsel) Zona Satu, Abubakar Kabakoran, 10 besar peserta telah dinyatakan lolos dan siap mengikuti proses selanjutnya, di Jakarta, dan akan menyisahkan lima orang, ungkap dia, yang dihubungi via telepon selulernya, Minggu, kemarin.

“Jadi 13 Desember , kami akan bawa seluruh nama-nama yang lolos ke Jakarta. Tahapan selanjutnya adalah fit and proper test , yang akan berlangsung di Jakarta. Kapan, waktunya saya belum bisa pastikan,” sebutnya.

Menyoal peserta yang lolos 10 besar, dia mengaku, untuk enam Kabupaten dalam tahapan seleksi yang ditangani pihaknya yakni, Kabupaten Buru, seluruh peserta terdiri dari laki-laki tanpa keterwakilan perempuan.

“Sama halnya dengan peserta yang lolos di Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB), seluruh laki-laki. Kalau di Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) yang lolos itu, sembilan laki-laki dan satu perempuan,” jelasnya.

Sedangkan, kabupaten Maluku Tengah (Malteng), peserta yang lolos terdiri dari sembilan laki-laki dan satu Perempuan dan Maluku Tenggara (Malra) seluruhnya yang lolos laki-laki.

“Dan Kabupaten,Maluku Tenggara Barat (MTB) yang lolos juga hanya satu perempuan dan sisanya laki-laki. Untuk itu dari Zona Satu, peserta perempuan yang lolos hanya tiga orang, diantaranya, Irmawati Derlen dari SBT, Sri Hartati Haryanto dari Malteng, dan Florentina Layan dari MTB,” jelasnya.

Sementara, untuk Zona dua, yang dipimpin Djufri Rays Pattilow, yang menangani peserta seleksi calon anggota KPU di lima Kabupaten/kota di Maluku mengatakan, untuk Kota Ambon sendiri peserta yang lolos terdiri dari empat perempuan dan enam laki-laki.

“Untuk Kabupaten Buru Selatan (Bursel) hanya satu perempuan yang lolos dan sembilan diantaranya laki-laki. Hal serupa juga dialami oleh Kota Tual, yang peserta yang lolos terdiri dari satu perempuan dan sembilan laki-laki,” paparnya.

Untuk Kabupaten Kepulauan Aru, peserta yang lolos terdiri dari tiga perempuan dan tujuh laki-laki. Dan Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD) hanya dua perempuan dan delapan laki-laki yang lolos.

“Jadi zona satu sendiri, peserta yang lolos mengikuti tahapan selanjutnya, terdiri dari 11 perempuan diantaranya, Khadija Makian (Kota Ambon), Revensy Vania Rugebregt (Kota Ambon), Rikke M B Uruilal (Ambon), Saswaty Matakena (Ambon), Tresel Rona Masel Let-let (Tual), Frederika Wolontery (Aru), Tina Jofita Putnarubun (Aru), Vio Barends (Aru), Desi Natselim Ratuhun (MBD), dan Yoma Eferina.D.Naskay, dan 39 laki-laki,” jelasnya.

Jadi untuk diketahu kembali, secara keseluruhan 110 peserta calon anggota KPU Kabupaten/Kota dari Maluku, yang lolos mengikuti fit and proper test , terdiri dari 14 perempuan dan 96 laki-laki. (MG5)

Penulis:

Baca Juga