Sekilas Info

327 Peserta Ikut SKB CPNS Bursel

Ribuan peserta tes CPNS di lingkup Pemerintah Kabupaten Buru Selatan usai mengikuti apel di pelataran halaman kantor bupati. DOK/KABAR TIMUR

KABARTIMURNEWS.COM, NAMROLE - Sebanyak 327 peserta akan mengikuti Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di lingkup Pemerintah Kabupaten Buru Selatan.

“TES SKB akan berlangsung 10-11 Desember 2018,” kata Plt Sekretaris Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Buru Selatan, Dullah Tualeka di kantornya, Kamis (6/12).

Tualeka menyebutkan berdasarkan data yang dikeluarkan Kemenpan-RB peserta yang dinyatakan lulus berdasarkan sistem ranking untuk mengikuti SKB berjumlah 301 orang. Jumlah ini ditambah dengan 26 peserta yang dinyatakan lulus Seleksi Kompetensi Dasar (SKD).

“Secara keseluruhan peserta yang akan ikut seleksi tahap berikutnya (SKB) sebanyak 327 orang,” ucapnya.

Panitia seleksi daerah akan melakukan berbagai persiapan tes SKB agar prosesnya berjalan lancar. Hanya saja, jumlah komputer yang awalnya 50 unit yang digunakan pada SKD berkurang sebanyak 20 unit.

Sebab 20 unit komputer milik SMA Negeri Namrole yang dipinjam harus dikembalikan karena digunakan untuk kegiatan sekolah tersebut. ”Kita kekurangan 20 unit komputer, sehingga kita akan laksanakan sebelas kali tes dengan waktu dua hari,” sebutnya.

Dijelaskan hasil kelulusan peserta yang akan menjadi CPNS ditentukan melalui gabungan nilai SKD dan SKB. “Peserta yang sudah lulus SKD bukan berarti dia sudah dinyatakan lulus CPNS. Peserta akan dinyatakan lulus berdasarkan nilai gabungan dari SKD dan SKB. Dari sini bisa diketahui peserta 80 persen dinyatakan lulus CPNS,” ujar Tualeka.

Sekedar diketahui jumlah peserta yang mengkuti tes SKD berjumlah 2.307 peserta. Hanya 26 orang dinyatakan lulus passing grade atau nilai ambang batas. Karena banyak peserta yang tidak lulus, pemerintah akhirnya mengambil kebijakan dengan menggunakan sistem rangking sehingga ada 301 peserta yang dinyatakan ikut SKB dengan total peserta 327 orang. (KTL)

Penulis:

Baca Juga