Sekilas Info

Empat Hari Dibuka, Baru Enam Mendaftar

KABARTIMURNEWS.COM, AMBON - Empat hari sudah pembukaan Pendaftaran Calon Seleksi anggota KPU Kabupaten/Kota, di Maluku zona satu meliputi enam wilayah, yakni: Kabupaten Malteng, SBB, Buru, Malra, MTB, dan SBT, dilakukan, namun sejauh ini baru enam orang yang mendaftar.
Pembukaan pendaftaran calon peserta seleksi, Anggota KPU Kabupaten/Kota periode 2019-2024, telah dibuka mulai sejak 5 November 2018 dan berakhir 11 November 2018 pukul 23.00 WIT.

Pantauan di sekertariat Tim Seleksi (Timsel) Zona satu, di Hotel Amans kawasan Pasar Mardika, Kota Ambon, baru enam orang yang secara resmi telah memasukkan berkas pendaftaran secara fisik.

Salah satu Timsel zona satu, Novel Alkatiri, dikonfirmasi media ini, Kamis (8/11), kemarin mengatakan, selama proses pembukaan pendaftaran, peserta seleksi yang telah resmi terdaftar berasal dari dua kabupaten, yakni Kabupaten Maluku Tengah (Malteng), dan Buru.

“Sejauh ini hanya enam orang yang baru daftar, empat diantaranya dari Maluku Tengah, dan dua dari Kabupaten Buru. Sementara untuk calon peserta seleksi lainnya masih melakukan konsultasi terkait persyaratan kepada petugas Timsel via telepon seluler, “jelasnya.

Novel menambahkan, bagi pelamar kalangan Aparatur Sipil Negara (ASN), wajib meminta surat rekomendasi Sekretaris Daerah (Sekda) atau Sekretaris Kota (Sekkot) pada kabupaten /kota tempat pelamar mengabdi.” Surat rekomendasi, agar tidak terkesan ASN tersebut mengabaikan tugasnya sebagai pelayan rakyat, “paparnya.

Minimnya calon pendaftar, dia mengaku, sampai batas akhir pendaftaran, 11 November 2018, kuota pendaftaran belum terpenuhi dari enam kabupaten yang ditangani Timsel zona satu, sesuai ketentuan pendaftaran akan diperpanjang.

“Sesuai peraturan dan jadwal pelamar dari enam kabupaten ditangani Timsel Satu, harus memenuhi kuota, yakni 30 pelamar di masing-masing Kabupaten, yang didalamnya terdapat keterwakilan 30 persen perempuan. Kalau tidak, pendaftaran ini harus diperpanjang lagi selama tujuh hari kedepan, “jelasnya. (MG5)

Penulis:

Baca Juga