Sekilas Info

25.000 Wisatawan Ditarget ke Festival Pesona Banda

Istimewa/Kabartimurnews

KABARTIMURNEWS.COM, AMBON - Dinas Pariwisata Maluku menargetkan 25.000 wisatawan baik domestik maupun mancanegara yang bakal berkunjung ke Festival Pesona Banda di Kecamatan Banda Neira, Kabupaten Maluku Tengah (Malteng), tanggal 11-14 November mendatang.

“Kami optimis dari event ini target 25 ribu wisatawan bisa tercapai,”ujar Kepala Dinas Parawisata Provinsi Maluku, Habiba Saimima kepada wartawan di kantor Gubernur Maluku, Ambon, Senin (5/11).

Dikatakan, rencananya event pariwisata Festival Pesona Banda akan dibuka Gubernur Said Assagaff 11 November. Sementara dari Kementerian Pariwisata, kata Saimima, akan dihadiri staf ahli Menteri dan mantan Menteri Parawisata, Mutia Hatta.

“Kehadirannya menyaksikan langsung pemutaran film Hatta, serta investor dari berbagai negara, termasuk China, dengan tujuan mengembangkan infrastruktur dan resort di Banda,”sambungnya.

Lebih jauh dijelaskannya, akan ada sejumlah kegiatan yang dilakukan pada event Festival Pesona Banda Tahun 2018. Diantarnya tour sepeda, pertunjukan tarian, musik dan teater, pameran kerajinan tangan, lomba perahu belang tradisional, pameran kuliner dan dialog sejarah hingga puncak acara cuci parigi di Desa Lonthoir pada 14 November.

Festival Pesona Banda yang berlangsung setiap tahun ini, lanjut dia, masuk dalam kalender parawisata Kementerian Parawisata, sebagai bagian dari upaya mengekspos Kepulauan Banda, Maluku yang indah ke seluruh dunia.

“Apalagi Banda Neira terkenal situs sejarah yang dapat dikunjungi wisatawan, seperti Benteng Belgica, rumah pengasingan Mohammad Hatta - salah satu pendiri negara Indonesia - dan Sutan Sjahrir, pemimpin kemerdekaan revolusioner.

Kepulauan Banda terkenal dengan tempat diving dan snorkeling-nya, berkat air yang jernih, kehidupan laut yang melimpah dan terumbu karang yang indah, serta potensi rempah-rempah seperti pala dan cengkeh yang memiliki kualitas terbaik.” (RUZ)

Penulis:

Baca Juga