Sekilas Info

Plesiran ke Melbourne, Ini Kata DPRD Maluku

Edwin Huwae

KABARTIMURNEWS.COM,AMBON - Ketua DPRD Maluku, Edwin Adrian Huwae yang juga masuk dalam rombongan Gubernur dan sejumlah pejabat, tadi malam, angkat bicara terkait keikutsertaan dirinya bersama rombongan ke Kota Melbourne, Australia.

Dalam rilisnya yang diterima Kabar Timur, tadi malam, Edwin Huwae mengatakan, keikut sertakan dirinya  sama sekali tidak terkait  untuk menghambur-hamburkan anggaran daerah sebagaimana yang digunjingkan sejumlah pihak.

“Di Kota Melbourne, Australia ini acaranya BPKM, Kementrian Perdangangan dan Kedutaan RI di Canberra. Acara ini dalam rangka mempromosikan potensi Provinsi di Indonesia menjalin kerjasama untuk investasi,” kata Edwin.

Selanjutnya, untuk kehadiran dirinya mulai dari tiket hingga hotel selama tiga hari seluruhnya dibiayai oleh Kedutaan. “Kalau beta (saya), datang itu dibiayai. Tiket Garuda Pulang Pergi (PP), akomodasi dan hotel selama tiga hari dibiayai Kedutaan. Tidak ada dana atau biaya yang dikeluarkan oleh Pemprov lewat APBD terkait acara ini,” paparnya.

Menurutnya, kegiatan ini murni milik Kadubes RI di Canberra. “Mereka yang sponsor dan sekaligus biaya ditanggung oleh mereka.  Itu yang beta (tahu),” kata Edwin, sambil mengirim bukti undangan acara dari Kadubes.

Menyoal tentang, Gubernur bersama pejabatnya yang juga ikut dalam acara itu, apakah juga dibiayai? Edwin menolak menjelaskannya. “Kalau soal Pak Gubernur dan pejabat lainnya,  beta seng bisa comment. Tapi, mereka semua diundang oleh Kadubes RI,” tutup Edwin.

Sementara itu, Juru Bicara Pemprov Maluku, Bobby Kin Palapia, yang dihubungi Kabar Timur via telepon, tadi malam, memastikan Gubernur dan Rombong yang bertandang ke Melbourne, Australia, itu memenuhi undang yang sama seperti Ketua DPRD Maluku Edwin Adrian Huwae.

“Mereka (Rombongan Pak Gubernur), kesana berdasarkan undangan itu. Disana sejumlah potensi alam Maluku dipaparkan.  Sejumlah Kadis yang diundang, sesuai undangan atau permintaan pihak Kadubes. Apakah itu dibiayai oleh Kadubes, nanti akan saya pastikan,” kata Bobby Palapia mengakhiri peranyataan itu.

Sementara informasi lain yang diperoleh Kabar Timur  menyebutkan, keberangkatan rombongan Pemrov dan Ketua DPRD Maluku ke Australia, benar atas undangan Kadubes. Biaya selama kegiatan, tiket terbang (PP), plus biaya nginap, makan dan minum dibiayai oleh pihak Kadubes bersama sponsornya kegiatan dimaksud. (MG2)

Penulis:

Baca Juga