Sekilas Info

Wapres Janji Bantu Anggaran Pesparani

KABARTIMURNEWS/Istimewa

KABARTIMURNEWS.COM,AMBON-Hingga saat ini, anggaran pelaksanaan Pesta Paduan Suara Gerejani (Pesparani) Katholik Nasional I yang direncanakan berlangsung 26 Oktober- 2 November 2018 mendatang di Kota Ambon belum tercukupi.

Totalnya, anggaran untuk pelaksaaan Pesparani yang pertama kali baru akan digelar di Indonesia dimana Kota Ambon sebagai Tuan dan Nyonya Rumah pelaksanaan membutuhkan biaya sekitar Rp 40 miliar. Pemprov Maluku melalui APBD 2018 hanya mengalokasikan dana Rp20 miliar. Sementara, anggaran masih kurang 20 miliar.

Gubernur Maluku, Said Assagaff mengatakan, dirinya telah menyampaikan persoalan tersebut kepada Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla dengan harapan Pemerintah Pusat membantu kekurangan anggaran tersebut. Apalagi jika ditilik dari moment Pesparani Jilid I ini akan mengangkat nama bangsa di kancah dunia.

“Kekurangan Rp 20 miliar saya berkelakar dengan pak Wapres saat ke Jakarta membicarakan ini. Saya bilang Pak Wapres, Pesparani ini mengangkat nama bangsa, bukan nama Maluku, tapi nama bangsa sampai di Vatikan, Eropa, Amerika, umat Katholik akan senanglah. Pesparani Pertama dilaksanakan di Indonesia di Maluku,”kata Gubernur berkisah.

Atas kelakar itu, lanjut dia, Wapres Jusuf Kalla mengaku akan membantu kekurangan tersebut. “Kekurangan 20 miliar ini tidak ada arti. MTQ di Maluku Pusat Bantu, Pesparawi Pusat bantu, masa Pesparani Pertama pusat tidak bisa bantu,” kata Wapres sebagaimana dikutip Gubernur.

Selanjutnya, Gubernur kembali berkelakar kepada Wapres. “Saya bilang ke Pak Wapres. Bagaimana kalau Jalan Tol anggarannya dipotong untuk Pesparani,” Kelakar Gubernur.  Mendapat pertanyaan itu, Wapres langsung berucap,” Jalan tol 1 kilo tidak booming di luar negeri. Kalau Pesparani gagal, kecewa orang semua. Jalan tol 1 kilometer itu 100 miliar, dipotong 200 meter saja. Nanti saya usahakan,” janji Wapres. (RUZ)

Penulis:

Baca Juga