Sekilas Info

Besok, JCH Maluku Bertolak ke Arab Saudi

RUZADY ADJIS/KABAR TIMURNEWS.COM

KABARTIMURNEWS.COM,AMBON-Besok, Sabtu 21 Juli, Jamaah Calon Haji (JCH) Provinsi Maluku akan mulai diberangkatkan menuju Madinah, Arab Saudi dari Bandara Pattimura Ambon melalui embarkasi Makassar.

Pemberangkatan 1.071 JCH Provinsi Maluku akan dilakukan hingga 23 Juli menggunakan maskapai penerbangan Garuda Indonesia, ungkap Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Maluku, Fesal Musaad pada acara pelepasan 1.071 Jamaah Calon Haji (JCH) Maluku oleh Sekretaris Daerah Maluku  yang dilangsungkan di Asrama Haji Waiheru Ambon, Kamis (19/7) .

Di Makkah, Arab Saudi, selama menjalani proses ibadah haji, JCH asal Maluku terbagi dalam tiga kloter yakni kloter 10, 11 dan 12 akan ditempatkan pada sejumlah wilayah yang berbeda.

Dikatakan, kolter 10 JCH Maluku akan tempati wilayah mahbas Jin sektor tujuh (7), Maktab tujuh (7) nomor rumah 707 yang menampung 249 jamaah, nomor rumah 708 menampung 206 jamaah.

Sementara Kloter 11 akan menempati wilayah Jarwal sektor 11, maktab 67 nomor rumah 1106 menampung 455 jamaah. “Kloter 12 JCH Maluku juga menempati wilayah Jarwal sektor 11 maktab 69 nomor rumah 1105 menampung 172 jamaah plus gabungan kloter jamaah asal Makassar,”bebernya.

Sementara untuk rincian JCH perkabupaten/kota, dikatakan Musaad, JCH dari Kota Ambon sebanyak 355 jamaah yang menjadi jamaah terbanyak, JCH Kabupaten Maluku Tengah 129 orang, JCH Kabupaten Maluku Tenggara 71 orang, JCH SBB 104 orang, JCH Buru 98 orang, JCH SBT 100 orang, JCH Kabupaten Kepulauan Aru 43, MTB 9 orang, Kota Tual 104 orang, Buru Selatan 46, MBD 4 orang bersama Tim Pemandu Haji Daerah (TPHD) 8 orang.

“Jamaah Calon Haji Provinsi Maluku terdiri dari 425 laki-laki dan 646 perempuan dengan JCH tertua berasal dari Buru Selatan atas nama Bapak larika Siompu usia 91 tahun dan yang termuda Sawiah Hasan usia 25 tahun,”tuturnya.

Sementara Sekretaris Daerah Provinsi Maluku, Hamim bin Thahir saat membacakan sambutan tertulis Gubernur Maluku mengatakan untuk tahun 2018 ini Pemerintah Provinsi Maluku memberikan subsidi sebesar Rp. 1.500.000 kepada setiap JCH Provinsi Maluku untuk membantu biaya operasional di Ambon dan embarkasi Makassar. “Pemberian bantuan ini sebagai wujud perhatian kepedulian dan tanggungjawab sosial Pemda terhada[ penyelenggaraan ibadah haji di Maluku,”ucap Thahir.

Selain itu, Gubernur juga memberikan tiga pesan penting kep[ada JCH Provinsi Maluku selama berada di Arab Saudi.

Diantara JCH selain untuk menjalan kan ibadah juga sebagai duta bangsa sehingga dirinya meminta menjaga nama baik bangsa, bersikap sabar, santun dan tunjukan sikap sebagai bangsa yang berbudaya dan berkepribadian luhur, menjaga kesehatan dengan memanfaatkan waktu sebaik-baiknya karena iklim di Arab Saudi berbeda dengan di Maluku agar pelaksanaan ibadah haji bisa lancar. “Dan kepada pembimbing hajhi, tenaga kesehatan haji, ketua kloter , ketua kelompok maupun ketua regu agar dapat melaksanakan tugas dengan baik,”tandasnya.

Pelepasan JCH Provinsi Maluku kemarin dilakukan secara simbolis dengan diwakili oleh JCH asal Kota Ambon. Sementara JCH dari kabupaten/kota lainnya akan tiba di Ambon pada hari ini. (RUZ)

Penulis:

Baca Juga