Sekilas Info

Panwas Saparua Amankan Bantuan Tim SANTUN

IST

KABARTIMURNEWS.COM, AMBON- Berbagai cara yang tidak diduga dilakukan para pasangan calon dan tim pemenangan untuk meraih dukungan masyarakat. Buktinya, Panwas Saparua, Kabupaten Maluku Tengah, mengamankan bantuan tim pasangan Said Assagaff-Anderias Rentanubun di Desa Ouw.

Informasiyang diperoleh Kabar Timur, kemarin menyebutkan, tim Paslon Said-Andre yang disapa SANTUN, diduga membagikan kain baju paduan suara di seluruh desa di Saparua. Hanya saja, Panwas, hingga kemarin baru menemukan bantuan kain paduan suara di Desa Ouw.’’Kita temukan hari Minggu (17/6) pukul 20.00 Wit.

Dibagikan tim SANTUN, Matheos Hutubesy bagi kelompok paduan suara di Desa Ouw, Kecamatan Saparua,’’kata Ketua Panwas Saparua, Magdalena Nikujuluw SH ketika dihubungi Kabar Timur, kemarin.

Dia mengaku, pihaknya berhasil mengamankan kain bantuan tim SANTUN, atas laporan warga.’’Setelah kita mendapat laporan kita langsung menuju rumah ketua padan suara. Kita berhasil mengamankan bantuan kain sepanjang 123 meter,’’terangnya.

Ketika disinggung terkait proses hukum penemuan bantuan kain bagi paduan suara di Desa Ouw, dia mengaku, saat ini pihaknya akan menggelar perkara di Panwas Kota Ambon.’’Kita mau gelar perkara jam pukul 18.00 Wit disekretariat Panwas Kota Ambnon. Setelah gelar perkara dengan Gamkumdu akan ditinfaklanjuti,’’sebutnya.

Soal temuan pihaknya masuk ranah pidana pemilu dan bisa berimplikasi terhadap pencalonan SANTUN, dia enggan berkomenta. Dia hanya mengaku, temuan mereka memenuhi unsur pidana.’’. Kasus ini memenuhi unsur pidana pemilu. Proses selanjutnya kita masih berproses,’’jelasnya.

Tak hanya itu, soal kemungkinan bantuan kain paduan suara dibagikan secara masif di seluruh desa di Saparua, dia enggan berkomentar. Dia hanya mengaku, petugas pemilu lapangan sementara melakukan investigasi.’’Sementara kita temui di Desa Ouw. Kalau informasi ada pembagian bantuan kain paduan suara di desa lain, petugas pemilu lapangan sementara bekerja,’’tegasnya. (KTM)

Penulis:

Baca Juga