Sambut Artefak Nabi Muhamad SAW

Pj Gubernur Maluku Ajak Hadiri Pameran & Rawat Persaudaran

KABARTIMURNEWS.COM.AMBON - Benda-benda bersejarah peninggalan Nabi Muhamad SAW akan dipamerkan di Kota Ambon, Maluku. Pameran tersebut berlangsung, di Auditorium Universitas Pattimura, mulai Senin, 13 Mei 2024, hari ini.

Pj Gubernur Maluku, Sadli Ie dan selulruh perangkat OPD, dilingkup Pemprov Maluku, bersama Panitia penyelenggaraan, Pameran Artefak Nabi Muhamad SAW,  Minggu, 12 Mei 2024, kemarin, di Bandara Pattimura, Ambon, menjemput langsung kedatangan rombongan Ustad I Al Mahdi yang membawa benda-benda peninggalan Nabi Muhamad SAW, yang akan dipamerkan.

Dari Bandara Pattimura, sebelum menuju kediaman Pj Gubernur Maluku, benda-benda bersejarah peninggalan Nabi Muhamad SAW, sempat diarak keliling Kota Ambon. Pj Gubernur Maluku, memberikan apresiasi dan rasa terima kasih yang besar terhadap Panitia penyelenggaran Pameran Artefak Nabi. Ungkapan ini, disampaikan Sadli Ie, saat memberikan sambutan, menyambut rombongan yang mebawa Artefak Nabi, di kediamannya, kemarin.

“Puji dan syukur kita panjatkan kepada Allah. Karena ijinya, kita dipertemukan dengan suatu agenda besar dan luar biasa, yakni: Pameran benda-benda bersejarah milik Baginda Nabi Muhamad SAW,” kata Pj Gubernur Maluku, Sadli Ie.

Mengutip Ustadz Ishak, kata dia, pameran ini bukan sesuatu yang kebetulan, tapi suatu yang sudah diikhlaskan dari Allah SWT untuk peleksanaan pameran ini dilaksanakan di Kota Ambon, Maluku, ungkap Sadli Ie.  “Kita patut bersyukur. Atasnama masyarakat Maluku dan Pemprov Maluku kita menyambut baik dan berikan apresiasi serta penghargaan kepada panitia pelaksana,” imbau Sadli Ie.

Sebab, lanjut dia, atas ijin Allah, pelaksanaan pameran peninggalan benda-benda bersejarah Nabi Muhamad SAW dan Sahabat-Sahabat dapat berlangsung di Bumi Raja-Raja Maluku. “Mudah-mudahan pameran Artefak Nabi Muhamad SAW, yang baru pertama di Maluku ini akan memberikan berkah bagi masyarakat Maluku,” ungkap Sadli Ie, dengan mata berkaca-kaca..

Sadli Ie,  mengimbau dan mengajak seluruh masyarakat Maluku untuk bisa menghadiri pameran. “Mari sama-sama katong hadir dalam pameran Artefak Nabi Muhamad SAW. Dan marilah kita jaga  kesatuan, kita rawat persatuan dan persaudaraan. Kita syukuri dan sukses  festival ini dengan penuh tanggungjawab,” imbaunya.

Sebagaimana diketahui Pameran Artefak Nabi Muhamad SAW  ini diselenggarakan oleh  Lembaga Dakwah Nahdlatul Ulama (LDNU) Kota Ambon dan Pondok Pesantren Kuttab Zein Musthafa.  Pameran dan festifal lainnya digelar di Auditorium berlangsung selama 12 hari,  Senin, hari ini.

Penanggungjawab Artefak Rasulullah, Ustadz  Ishak Al-Mahmudi mengatakan,  ada sejumlah artefak peninggalan Nabi Muhammad SAW yang akan dihadirkan dalam pameran tersebut. Artefak peninggalan Nabi Muhammad  SAW didatangkan dari museum artefak Rasulullah SAW di Malaysia untuk dipamerkan di Kota Ambon bukan sesuatu yang disengaja. “Ini bukan disengaja. Saya yakin betul Kota ini dipilih oleh Rasul untuk disinggahi,” ungkap Ust Ishak Al-Mahmudi, saat jumpa pers di Kediaman Pj  Gubernur Maluku, Minggu, kemarin.

Menurutnya, tidak hanya benda peninggalan Rasulullah saja yang dipamerkan nanti, tapi  ada juga peninggalan para sahabat yang  nanti akan ikut dipamerkan dalam festival tersebut. Setidaknya, kata dia,  ada sebanyak 28 peninggalan Rasulullah SAW beserta sahabatnya, mulai dari sorban Rasulallah SAW, benda yang menjadi bagian terdekat dari tubuh Rasulullah, seperti rambut, janggut dan darah bekam Rasulallah SAW.

Selain itu, ada juga tongkat, ekstrak keringat, busur panah Rasulullah SAW, replika baju perang utsmani, pedang Khalid bin Walid dan sejumlah artefak peninggalan lainnya. “Yang pasti ada 28 item artefak peninggalan Rasulullah dan sahabat yang kami datangkan untuk dipamerkan di Kota Ambon,” ungkapnya.

Dikatakan,  tujuan utama pameran tersebut yakni untuk mengembalikan kecintaan ummat ke idola yang sesungguhnya, idola yang patut dicintai dan diikuti. Selain itu juga untuk memberikan edukasi kepada masyarakat. “Karena sekarang ini banyak yang mengidolakan artis korea atau publik figur terkenal lainnya. Kami datang dengan peninggalan Nabi Muhammad SAW sehingga orang tua, anak muda dan ummat di  Kota Ambon bisa kembali mengidolakan Rasulallah SAW, idola yang sesungguhnya,” terangnya..

Dia berharap, dari kegiatan ini, berkahnya bisa sampai kepada ummat yang ada di Maluku dan  Kota Ambon  khususnya. “Mudah-mudahan ummat di Ambon mendapat keberkahan dari datangnya peninggalan Rasulullah SAW di kota manise ini,” terang Ustadz  Ishak, menutup.

Sementara  Ketua panitia, Ustadz  Hairuddin Talaohu menambahkan, di Maluku juga banyak yang menyimpan peninggalan leluhur yang punya hubungan dengan Rasulullah SAW. Semua peninggalan leluhur itu hingga kini masih tersimpan rapi dan memiliki dasar atau pondasi yang kuat, seperti baju benda leluhur lainnya. “Itu semua membuktikan kecintaan para leluhur atas keagungan sang sumber yaitu Nabi Muhammad SAW,” katanya.

Dia mengaku, sebelumnya tidak terfikir akan adanya pameran artefak Rasulullah beserta sahabatnya di  Kota Ambon . Berkat izin Rasulullah, tiba-tiba LDNU mendapat informasi melalui  Ustadz  Ishak Al-Mahmudi selaku penanggungjawab artefak Rasulullah untuk melaksanakan pameran di  Ambon. “Ini satu sejarah berharga bagi kami. Ini merupakan berkah bagi kami di Maluku. Semoga Maluku menjadi bumi yang ‘baldatun toyyibatun warobbun ghofur’,”  tutup Talaohu. (KT)

Komentar

Loading...