Pemkab Bursel-Pemkot Surabaya Jalin Kerjasama

Ilustrasi

KABARTIMURNEWS.COM.AMBON - Meningkatkan perekonomian pengembangan usaha mikro dan kecil, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buru Selatan (Bursel), jalin kerjasama bersama Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya.

"Pemkab Bursel dan Pemkot Surabaya telah jalin kerjasama  tentang: “Peningkatan Perekonomian dan Pengembangan  Usaha Mikro dan Kecil,” ungkap Kepala Bappelitbang Bursel, Melkior Solisa yang dihubungi, Kabar Timur via telepon selulernya, Minggu (21/1).

Agenda pertemuan kerjasama kedua pemerintah daerah tersebut berlangsung di Kantor Walikota Surabaya, Kamis (18/1), pekan lalu. "Agenda pertemuan ini, merupakan lanjutan dari rapat penandatangan MoU, antara Pemkab Bursel dan Pemkot Surabaya ditandatangani Bupati Buru Selatan dan Walikota Surabaya, 5 Oktober 2023, lalu,"jelasnya.

Mantan Kepala Dinas PUPR Kabupaten Bursel itu, menuturkan kerjasama ini dalam rangka membangun hubungan sinergis di bidang ekonomi Bursel maupun Kota Surabaya.

Tujuannya, sambung dia, meningkatkan kualitas penanganan sektor pangan, perekonomian serta kapasitas sumber daya manusia

" Tim Percepatan Pembangunan Kabupaten Bursel bangun terobosan dengan kerjasama bersama Pemkot Surabaya. Ini  dilakukan menjawab kemahalan harga di Namrole. Diharapkan kerjasama ini bisa memberikan kemudahan aksebilitas barang bisa terjangkau oleh masyarakat dari surabaya masuk ke Namrole secara baik supaya tidak ada kelangkaan,"jelasnya.

Potensi sumber daya alam baik itu perikanan dan perkebunan di Kabupaten Bursel akan disalurkan ke pasar nasional maupun internasional.

"Potensi sumber daya alam perikanan dan perkebunan dari Bursel dapat menembus pasar nasional lewat pasar Surabaya dan Internasional itulah harapan Bupati Buru Selatan,"ungkapnya.

Menurutnya, kerjasama ini merupakan terobosan dan kegiatan primadona Bupati Bursel Safitri Malik Soulisa untuk menjawab masalah kebutuhan pokok di Kabupaten Bursel, agar tidak langka dan harga barang bisa dijangkau masyarakat .

"Harapan Bupati, OPD di Pemkab Bursel tidak hanya bekerja rutinitas belaka tetapi membuat terobosan-terobasan menjawab tantangan di masyarakat. OPD harus punya inovasi dan kemampuan daya cipta dengan potensi sumber daya alam maupun peningkatan sumber daya manusia di Bursel. Kerjasama bersama Pemkot Surabaya untuk menjawab hal-hal tersebut,"pungkas Solisa. (KTL)

Komentar

Loading...