BMKG: Kepulauan Tanimbar Bakal Gelombang Tinggi

Ilustrasi

KABARTIMURNEWS.COM,AMBON, - Badan Metereologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Metereologi Maritim Pattimura Ambon mengeluarkan peringatan dini tinggi gelombang di perairan Maluku, Kamis (30/6). BMKG memprediksi laut Tanimbar akan ada gelombang tinggi.

Dari hasil analisa diprakirakan, tinggi gelombang di Perairan Tanimbar dan Babar masih berpeluang meningkat 2,50 - 4,00 meter (katagori tinggi). Sehingga masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi itu selalu waspada.

Prakirawan BMKG Maluku Suaif Iriyanto dalam rilisnya menyebut, pola angin di wilayah Indonesia bagian utara pada hari ini dominan bergerak dari Tenggara - Selatan dengan kecepatanangin berkisar 5 - 20 knot.

Sedangkan di wilayah Indonesia bagian selatan dominan bergerak dari Timur-Tenggara dengan kecepatan angin berkisar 5 - 30 knot. Sementara kecepatan angin tertinggi terpantau di PerairanKep.Anambas hingga Kep. Natuna, Perairan Bengkulu, Perairan  selatan Jawa hingga NTT, Laut Bali dan Laut Sumbawa.

Sehubungan dengan hal tersebut, BMKG memprakirakan tinggi gelombang antara 2.50 – 4.00 meter (tinggi), berpeluang terjadi di :

• Perairan Kepulauan Sermata - Leti

• Perairan Kepulauan Babar

• Perairan Kepualuan Tanimbar

• Laut Arafuru

Masih BMKG Stasiun Metereologi Maritim Pattimura Ambon peringatan dini tinggi gelombang di perairan Maluku, Kamis (30/6) juga berlaku untuk  Laut Banda dan  sekitarnya yang diprakirakan berpeluang mencapai tinggi gelombang 1,25 - 2.50 meter (katagori sedang).

Suaif Iriyanto dalam rilisnya menyebut, pola angin di wilayah Indonesia bagian utara dominan bergerak dari Tenggara - Selatan dengan kecepatanangin berkisar 5 - 20 knot. Sedangkan di wilayah Indonesia bagian selatan dominan bergerak dari Timur-Tenggara dengan kecepatan angin berkisar 5 - 30 knot. (KTA)

Komentar

Loading...