Bupati Buka Sidang Jemaat GPM Anugerah

KABARTIMURNEWS.COM, LANGGUR - Bupati Maluku Tenggara Muhammad Taher Hanubun menghadiri dan sekaligus membuka Persidangan ke XXI Jemaat GPM Anugerah Ohoijang, Minggu (3/2).

Pembukaan persidangan, Bupati didampingi Sekretaris Majelis Pekerja Klasis Pulau Kei Kecil dan Kota Tual, Pdt. Ny. I.J.K Kolyaan, S.Th. dan Ketua Majelis Jemaat GPM Anugerah Ohoijang l, Pdt. G.H. Anakotta.

Bupati menyatakan sidang jemaat merupakan forum sekaligus lembaga pengambilan keputusan tertinggi di tingkat jemaat GPM, dan merupakan kegiatan tahunan.

Namun, jangan dimaknai sebagai rutinitas seremonial belaka, tetapi forum pergumulan yang sangat strategis bagi pelayanan keumatan di jemaat. "Di dalamnya terdapat proses evaluasi yang terstruktur secara berjenjang terhadap keseluruhan dinamika pelayanan yang sudah dilewati, dan merencanakan arah pelayanan bagi kemulian nama Tuhan," katanya.

Menurut Hanubun, peserta sidang tidak boleh terperangkap dalam nuansa rutinitas penyelenggaraan sehingga melupakan hakekat dan tujuan penting yang ingin dicapai bersama.

Hal itu penting karena perencanaan yang berkualitas lahir dari adanya evaluasi yang komperhensif dan berkualitas pula.

Persidangan jemaat adalah sebuah proses pembelajaran bagaimana menumbuh kembangkan sebuah sistem dan mekanisme pembinaan dan pembangunan umat yang ditopang oleh perencanaan partisipatif yang baik.

Hanubun menyatakan, tema persidangan "Allah kehidupan tuntunlah kami membela dan merawat kehidupan" dengan sub tema "Muliakanlah Tuhan dengan bersama-sama meningkatkan kualitas pendidikan untuk

kesejahteraan masyarakat dan keutuhan bangsa" sejalan dengan tantangan pembangunan bangsa bahkan daerah Malra saat ini.

Tantangan tersebut di antaranya masalah kemiskinan dan pengangguran, serta masih rendahnya mutu pendidikan dan kualitas layanan kesehatan bagi masyarakat.

Selanjutnya 1 2
Penulis:

Baca Juga