Bantam: Genjot Kapasitas APIP

KABARTIMURNEWS.COM, NAMROLE - Mantan Kepala Inspektorat Kabupaten Buru Selatan, Z.A Bantam berharap peningkatan kapasitas fungsi Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) di instansi tersebut. Sebab APIP Kabupaten Bursel masih berada pada level dua.

"Kita harus tingkatkan kapasitas APIP. karena saat ini kita berada pada level dua," tandas Bantam saat serah terima jabatan kepada Plt Kepala Inspektorat Bursel Ismid di Namrole, Sabtu (2/2).

Menurut Bantam, untuk meningkatkan kapasitas APIP di Inspektorat Bursel harus mengikuti diklat auditor  yang dilaksanakan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

Sebab saat ini Inspektorat Bursel hanya miliki tiga auditor. Minimnya tenaga auditor mempengaruhi level APIP. "Levelnya itu tergantung jumlah auditor. Jika jumlahnya banyak berarti bobotnya besar. Kita di sini hanya memiliki dua auditor," sebutnya.

Dia mengungkapkan fungsi Aparat APIP sebagai salah satu pilar tata kelola pemerintah memegang peran strategis dalam memerangi penyalahgunaan keuangan daerah.

Transformasi peran auditor internal dalam mencegah hal dimaksud seharusnya menjadi perhatian yang tidak boleh diabaikan dan dilakukan sejalan dengan peningkatan kapabilitas APIP. (KTL)

Penulis:

Baca Juga