Sekilas Info

Pemkot Ternate Masih Tunggak Hutang Rp25,5 M

ILUSTRASI

KABARTIMURNEWS.COM, TERNATE - Komisi III DPRD Kota Ternate, Maluku Utara (Malut), meminta Pemkot Ternate menyelesaikan utang pengerjaan proyek kepada kontraktor pada tahun ini, agar tidak membenani APBD berjalan.

"Sesuai data yang kami peroleh utang Pemkot Ternate atas pengerjaan sejumlah proyek infrastruktur tahun 2018 kepada kontraktor sebesar Rp25,5 miliar," kata anggota Komisi III DPRD Ternate, Muhadjirin Bailusy di Ternate, Senin.

Proyek infrastruktur itu di antaranya proyek reklamasi Pantai Kalumata, untuk lokasi pembangunan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dan fasilitas ekonomi, proyek pembangunan Gamalama Plaza dan proyek pembangunan sport center.

Ia minta Pemkot Ternate untuk memaksimalkan penerimaan pendapatan, khususnya dari Pendapatan Asli Daerah (PAD) agar pengerjaan proyek tidak tertunda pembayarannya, seperti pada 2018 akibat tidak tercapainya target penerimaan.

Target penerimaan dalam PAD pada 2018 yang ditetapkan sebesar Rp140 miliar lebih, namun hanya terealisasi Rp70 miliar lebih sebagai imbas dari kurang maksimalnya sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dalam melakukan pengungutan pajak dan retribusi.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Ternate, Risfal Tri Budianto menjelaskan pembayaran anggaran pengerjaan proyek tersebut sebenarnya sudah alokasikan pada APBD 2018, tetapi tidak dapat direalisasikan karena APBD Ternate tahun lalu mengalami defisit Rp30 miliar.

Akibat tidak tercapainya target penerimaan dari total utang pembayaran pengerjaan proyek tersebut sebesar Rp18 miliar, di antaranya sudah masuk dalam Daftar Pelaksanaan Anggaran (DPA) tahun 2019, sehingga dipastikan bisa diselesaikan pada 2019 ini, sedangkan Rp8 miliar sisanya akan diupayakan masuk dalam APBD 2019.

Ia menambahkan, Pemkot Ternate memprioritaskan pengerjaan proyek infrastruktur tersebut, walaupun dihadapkan dengan keterbatasan anggaran, karena sangat dibutuhkan, proyek pembangunan sport center misalnya sangat dibutuhkan untuk memaksimalkan pembinaan prestasi olahraga di daerah ini.

Begitu pula proyek reklamasi Pantai Kalumata, selain dibutuhkan untuk lokasi pembangunan sejumlah fasilitas publik dan fasilitas ekonomi, juga untuk lokasi pembangunan RSUD karena saat ini Ternate belum memiliki RSUD. (AN/KT)

Penulis:

Baca Juga