Sekilas Info

PID Dorong Peningkatan Pemanfaatan DD

KABARTIMURNEWS.COM, NAMROLE - PROGRAM Inovasi Desa (PID) hadir sebagai upaya mendorong peningkatan kualitas pemanfaatan Dana Desa (DD) dengan memberikan rujukan inovasi pembangunan desa.

“Kita ketahui bersama PID hadir sebagai upaya mendorong peningkatan kualitas pemanfaatan DD dengan memberikan rujukan inovasi pembangunan desa,” ujar Wakil Bupati Buce Ayub Seleky saat membuka rapat evaluasi program 2018 dan koordinasi program 2019 Tim Inovasi Kabupaten Buru Selatan, Selasa (15/1/2019).

Menurutnya, PID juga untuk merevitalisasi peran pendamping dalam pengembangan potensi ekonomi lokal dan kewirausahaan, pengembangan  sumber daya manusia serta infrastruktur desa.

“PID sangat membantu desa dalam mengembangkan rencana dan pelaksanaan pembangunan desa secara berkualitas agar dapat meningkatkan produktivitas rakyat dan kemandirian ekonomi serta mempersiapkan pembangunan sumber daya yang memiliki daya saing,” kata Seleky.

Dia berharap, inovasi akan membuat perubahan besar bagi desa, sumber daya desa akan semakin bersaing, infrastruktur menjadi lebih baik yang secara tidak langsung menggerakan ekonomi di desa dan berimbas pada perubahan ekonomi Bursel secara keseluruhan.

Berkaitan dengan hal tersebut, program–program yang telah dilaksanakan di tahun 2018 yang notabene berupaya meningkatkan kapasitas dan kemampuan desa dalam menumbuh kembangkan potensi desa dapat dimaksimalkan demi kemaslahatan masyarakat desa yang akan lebih baik lagi dirumuskan di tahun 2019.

Melalui rapat koordinasi Tim Inovasi Bursel menurutnya, akan menjadikan pelaku dan pemangku kepentingan dapat mengetahui filosofis dan  teknis, sehingga desa memiliki kualitas perencanaan pembangunan dalam memanfaatkan dana yang menjadikan desa lebih produktif.

Seleky melanjutkan, Pemkab Bursel berkomitmen melalui kegiatan ini, desa berubah menjadi semakin baik. “Perbaikan  desa  akan  terwujud  jika aparatur  desa  terus didorong untuk selalu meningkatkan pengetahuan dalam penggunaan dana desa yang efektif,” tutup Seleky. (KTL)

Penulis:

Baca Juga