Sekilas Info

Bupati Halmahera: Longsor di Sidopo itu Ujian

ILUSTRASI

 KABARTIMURNEWS.COM, TERNATE - Bupati Halmahera Selatan, Provinsi Maluku Utara, Bahrain Kasuba meninjau lokasi bencana di Desa Sidopo Kecamatan Bacan Barat Utara Kabupaten Halsel, untuk melihat secara langsung kondisi desa pasca-terkena musibah longsor.

"Saya meminta seluruh personel untuk mengambil langkah, setelah mengetahui secara langsung kondisi terkini di Desa Sidopo pasca longsor," kata Hi Bahrain usai melakukan peninjauan di lokasi, Jumat.

Bupati Halsel Hi Bahrain Kasuba, mengaku prihatin atas musibah longsor yang terjadi sejak Senin 17 Desember 2108 baru-baru ini.

Bupati Halsel Hi. Bahrain Kasuba dalam peninjauan itu didampingi langsung dinas terkiat dalam hal ini Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) kabupaten Halsel, Ali Dano Hasan selaku kepala dinas, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Halsel, Samsi Subur.

Bupati Halsel Hi Bahrain Kasuba, setibanya dilokasi kejadian melihat secara langsung warga Desa Sidopo yang terkena dampak longsor.

Meskipun demikian bupati mengakui, bahwa kejadian tersebut bagian dari ujian yang datang dari sang pencipta, sehingga sebagai manusia tidak dapat dihindari. Hanya saja, warga diminta agar selalu waspada setiap saat.

Di kesempatan itu, Bupati Halsel, Hi Bahrain Kasuba, meminta kepada instansi teknis untuk tetap waspada dan dapat segara bergerak cepat, agar tidak ada korban jiwa, meskipun dari musibah tersebut masih beruntung karena tidak ada korba jiwa, hanya saja masyarakat diminta untuk tetap waspada.

"Saya meminta kepada instansi terkait agar tetap waspada, terus memonitoring desa-desa yang ada di Kabupaten Halsel, ketika ada cuaca buruk, sehingga bisa bergerak cepat pada saat ada kejadian, " ujarnya.

Sementara data yang dihimpun terkait dengan musibah banjir disertai longsor yang terjadi baru-baru ini, mengakibatkan satu unit rumah milik warga di Desa Sidopo tertimbun longsor, serta genangan air setinggi lutut orang dewasa yang mengakibatkan 17 rumah terendam air. (AN/KT)

Penulis:

Baca Juga