Sekilas Info

Pemrov Malut akan Tambah Ruang Publik

Kota Ternate, Maluku Utara

KABARTIMURNEWS.COM, TERNATE - Pemerintah Kota Ternate, Maluku Utara, terus berupaya memperbanyak pembangunan ruang publik, khususnya dalam bentuk taman untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan fasilitas itu sekaligus memperluas kawasan ruang terbuka hijau.

"Membangun ruang publik di Ternate sebenarnya tidak mudah, karena lahan sangat terbatas, tetapi itu tidak menjadi kendala bagi Pemkot untuk terus membangun ruang publik," kata Kepala Dinas Perumahan, Permukiman, dan Pertanahan Kota Ternate, Rizal Marsaoly di Ternate, Selasa.

Salah satu cara yang dilakukan Pemkot dalam mengatasi keterbatasan lahan membangun ruang publik adalah memanfaatkan sisa lahan di gedung perkantoran atau bangunan lainnya menjadi ruang publik, seperti yang dilakukan kawasan Benteng Oranje.

Selain itu, menurut dia, dalam setiap kegiatan reklamasi pantai untuk pembangunan berbagai infrastruktur, seperti jalan dan kawasan ekonomi, selalu dialokasikan lahan untuk pembangunan fasilitas publik.

Langkah itu telah dilakukan dalam reklamasi di Pantai Gamalama, yang kini dikenal dengan Taman Nukila dan reklamasi di Pantai Toboko dan Mangga Dua, yang kini dikenal dengan taman kota.

Rizal Marsaoly mengatakan, reklamasi pantai yang akan dilakukan di Ternate Utara dari Pantai Salero hingga Pantai Dufa-Dufa juga akan dialokasikan lahan untuk ruang publik, termasuk reklamasi di kawasan Pantai Kayu merah dan Kalumata, sehingga diharapkan kedepan di Ternate akan semakin banyak ruang publik.

Ruang publik itu tidak hanya dimanfaatkan masyarakat untuk melakukan berbagai aktivitas, seperti berolahraga atau bereaksi, tetapi juga Pemkot mendesaingnya sebagai tempat untuk pengembangan ekonomi kerakyatan.

Pada setiap ruang publik itu disiapkan tempat untuk penjualan berbagai produk ekonomi kreaktif, seperti kerajinan dan kuliner, sehingga tidak saja memberi ruang bagi masyarakat untuk mencari penghasilan, tetapi juga menjadi tempat yang dikunjungi wisatawan.

Di sejumlah ruang publik yang telah dibangun Pemkot Ternate, seperti Taman Nukila dan kawasan Landmark menjadi tempat favorit bagi masyarakat dan wisatawan yang berkunjung ke Ternate untuk berfoto atau selfi. (AN/KT)

Penulis:

Baca Juga