Sekilas Info

Pemda Malut Siapkan 150 Unit Komputer untuk Tes CPNS Tahap II

KABARTIMURNEWS.COM, TERNATE - Sebanyak 601 peserta yang lulus tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS Provinsi Maluku Utara (Malut) rencananya bakal mengikuti tes tahap II yaitu, Seleksi Kompetensi Bidang (SKB). Tes ini akan menggunakan sistem Computer Assisted Tes (CAT) di kota Ternate.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Malut, Idrus Assagaf di Ternate, Rabu, mengatakan, rencana tes SKB bagi 601 peserta CPNS Provinsi lulus SKD akan dilaksanakan di Kota Ternate, sesuai dengan arahan Badan Kepegawaian Negara (BKN) pusat.

"Tes SKB untuk Provinsi, Kabupaten Halmahera Utara dan Ternate itu di laksanakan di Ternate, sesuai arahan BKN,"ujarnya.

Padahal, untuk kesiapan fasilitas tes sebenarnya Pemerintah Provinsi (Pemprov) Malut lebih siap, namun pihaknya akan tetap mengikuti arahan BKN jika harus dilaksanakan di Ternate.

"Kita mempunyai fasilitas komputer lebih siap dari Ternate, buktinya tes SKD dengan ribuan peserta kita bisa selesaikan. Karena kita mempunyai 150 unit komputer yang terbagi di dua ruangan," ujarnya.

Sementara jadwal pelaksanaan tes SKB sendiri, dia mengaku hingga saat ini BKD Provinsi maupun Kabupaten/Kota belum menerima, sebab belum dikeluarkan oleh BKN.

"Belum ada jadwal, kita masih tunggu arahan dari BKN dan kalau sudah keluar pasti disampaikan ke peserta dan publik" ujarnya.

Sementara itu, sebanyak 311 orang peserta CPNS dinyatakan lolos oleh BKD-PSDA kabupaten Halmahera Utara (Halut) melalui perankingan dari tes tahap awal pada seleksi kompetensi dasar (SKD) pada beberapa waktu lalu.

Sedangkan, Kepala BKD-PSDA Halut Efraim Oni Hendrik ketika dihubungi terpisa mengatakan, dari 311 orang yang sudah di seleksi melalui perankingan nantinya mengikuti Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) yang rencananya digelar di kota Ternate.

"Dari 311 orang yang dimaksudkan bakal merebut 203 kuota CPNS Halut dari berbagai Formasi," katanya.

Dia menambahkan, pemda sendiri awalnya mengusulkan 450 kuota CPNS, namun hanya disetujui oleh Kemenpan RB dengan jumlah kuota 250 pada sejumlah Formasi.

Namun, dengan minimnya para peserta CPNS yang tidak lolos dalam SKD dan tidak masuk pada perankingan, maka jumlahnya berkurang menjadi 203 saja. (AN/KT)

Penulis:

Baca Juga