Sekilas Info

Harap Pengelolaan DD Transparan

ILUSTRASI

KABARTIMURNEWS.COM, TERNATE - Bupati Pulau Taliabu, Maluku Utara (Malut), Aliong Mus, berharap kepala desa (Kades) bisa mengelola dana desa (DD) dengan baik sehingga menggenjot pendapatan asli desa (PAD) untuk pertumbuhan ekonomi di desa masing masing.

“Di tengah arus informasi dan transformasi saat ini, desa harus mampu untuk mandiri, karena desa sudah miliki anggaran yang cukup besar, kalau dikelola dengan baik pasti dapat menjadi sumber perekonomian sebab DD rata rata kurang lebih Rp1,2 miliar di setiap desa,” katanya saat membuka kegiatan Bursa Inovasi Desa di Taliabu, Senin.

Bupati mengimbau para kepala desa serta perangkatnya, agar banyak membangun komunikasi dan membaca serta melihat desa yang ada di daerah lain yang sudah maju dan mempunyai pendapatan yang luar biasa untuk dijadikan contoh.

“Saya juga meminta kepada Kades serta BPD, ketika mengikuti bimbingan teknis (Bimtek) jangan hanya datang, duduk, diam dan dengar, namun tidak memahami apa yang disampaikan. Akan tetapi datang, duduk, diam, dengar dan mengerti apa yang dimaksud,” katanya.

Karena itu, dalam rangka mempersiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang baik harus membutuhkan kegiatan studi banding, Bimtek dan lainnya.

Bupati juga meminta kepada Kadis PMD agar pada 2019, menganggarkan dalam APBD dana perjalanan dinas untuk kepala desa dan BPD untuk mengikuti Bimtek di desa desa di Jawa yang sudah maju dan didampingi pendamping desa.

“Jadi kalau Bimtek di sana, jangan hanya jalan jalan saja tetapi tolonglah untuk belajar, sebab di Taliabu ini segala macam kita punya. Insya Allah, pada 2019, ada investor yang masuk membelikan kelapa dan membangun pabrik di Taliabu, tentunya saudara saudara pasti akan banyak berperan,” tandas Bupati. (AN/KT)

Penulis:

Baca Juga