Sekilas Info

Kapal Bawa 50 Penumpang Nyaris Tenggelam

ILUSTRASI

KABARTIMURNEWS.COM,TERNATE- Kapal Motor (KM) Ajul Pratama yang membawa sekitar 50 penumpang nyaris tenggelam di Laut Galela akibat mengalami mati mesin saat perjalanan dari Loloda menuju Kota Tobelo, Halmahera Utara (Halut), Maluku Utara (Malut).

Kepala Basarnas Ternate, M Arafah dihubungi dari Ternate, Jumat, membenarkan ada kapal yang nyaris tenggelam saat berlayar dari Pulau Dama menuju Pelabuhan Tobelo dengan membawa 50 penumpang.

Saat mendapatkan informasi itu, personelnya langsung melakukan respon time untuk berkordinasi dengan instansi Potensi SAR untuk melakukan penjemputan dengan cara menggandeng kapal tersebut. Titik kapal sementara terombang-ambing di laut antara Salimuli dan Morotai,” jelasnya.

Meski awak KM Ajul Pratama telah berupaya untuk memperbaiki mesin yang rusak, namun hal tersebut tidak membuahkan hasil.  Dalam peristiwa itu tidak ada korban, karena seluruh penumpang dan ABK kapal berhasil diselamatkan.

Sementara itu, Kapten KM Ajul Pratama, Sadam Romkeny ketika dihubungi menyatakan, sekitar pukul 19.30 WIT kapal mengalami mati mesin dan kapal selama 5 jam terombang-ambing di tengah laut.

“Kami sudah 5 jam terbawa arus, hingga salah satu kapal menemukan kami dan mencoba melakukan evakuasi dengan cara menggandeng. Akan tetapi ukuran kapal yang mencoba lajukan evakuasi, tetapi tidak sepadan dengan KM Ajul Pratama,” katanya.

Dia berharap, Basarnas maupun instansi terkait bisa secepatnya melakukan evakuasi Sebab kondisi sejumlah penumpang terlihat lemas karena lapar.  “Banyak penumpang yang mengeluhkan lapar dan lemas. Kemudian evakuasi yang dilakukan KM Labobar terhadap KM Ajul Pratama hanya jalan di tempat saja.(AN/KT)

Penulis:

Baca Juga