Sekilas Info

Ambon Raih Penghargaan Pariwisata

IST

KABARTIMURNEWS.COM,AMBON - Untuk kesekian kalinya di tahun 2018, Pemerintah Kota Ambon kembali meraih penghargaan dari Pemerintah Pusat.

Kementerian Pariwisata mengganjar Kota Ambon dengan penghargaan Yokatta Wonderful Indonesia Tourism Award (YOWITA) tahun 2018. Penghargaan diserahkan oleh Menteri Pariwisata Arief Yahya kepada Walikota Ambon Richard Louhenapessy di Kantor Kementerian Pariwisata RI, Jakarta, Jumat (20/7) malam.

Penghargaan diberikan kepada kabupaten/kota di Indonesia yang memiliki komitmen, perfomance, inovasi, kreasi dan leadership dalam membangun pariwisata daerah.

Ketua Dewan Juri YOWITA, Didien Djunaedy mengatakan, proses penilaian dilakukan selama empat bulan, Januari-April 2018.

Dewan juri mengumpulkan data kinerja dari 514 kabupaten/kota berkaitan dengan sektor pariwsata melalui empat indikator.

“Kinerja usaha di bidang upaya dan data yang diambil oleh BPS,” jelas Didien. Meliputi jumlah akomodasi hotel, kamar, tenaga kerja, pertumbuhan jasa, pertumbuhan PDRB, sektor pariwisata, kontribusi akomodasi makan dan  minum, pertumbuhan  PAD, angka kemiskinan, presentasi penduduk di atas garis kemiskinan, indeks pembangunan,  indeks pariwasta Indonesia melalui Litbang Kompas, info attractive awards, penghargaan internasional  maupun nasional.

Penghargaan diberikan untuk tiga kategori pemenang, yakni top 10 kabupaten terbaik seluruh Indonesia, top 10 kota terbaik dan top satu kabupaten/kota dari masing-masing provinsi.

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo yang diwakili Direktur Jenderal Keuangan Daerah Kemendagri Reydonnyzar Moenek memandang penghargaan ini memiliki nilai strategis yang merupakan komitmen  bersama dan kerjasama untuk membangun pariwisata, baik  dari stakeholder di daerah maupun pusat. “Pariwisata berhasil memberikan dampak multiplier. Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah sementara terus giat-giatnya mengembangkan dan meningkatkan sektor  pendidikan,” jelasnya.

Pengharagaan ini merupakan komitmen mereka untuk membangun pariwisata agar menjadi pembangunan ekonomi. Karena diperkirakan 17 juta wisatawan  domestik dan 270 juta wisatawan nasional akan mengunjungi pelbagai daerah. “Untuk itu, kabupaten/kota terus berkomitem, untuk meningkatkan peran kepala daerah dalam meningkatkan pariwisata di daerah masing-masing,” ujar dia.

Walikota Ambon Richard Louhenapessy mengatakan, penghargaan ini merupakan bentuk komitmen pemerintah pusat kepada pemerintah daerah untuk terus menggiatkan kepala daerah di daerah masing-masing mengembangkan pariwisatanya. “Kita akan terus mengembangkan sektor pariwisata di daerah kita untuk dapat mewujudkan destinasi wisata tahun 2020,” katanya. (MG2)

Penulis:

Baca Juga