Pemkot Ambon Gelar Aksi Bersih Pantai

KABARTIMURNEWS.COM, AMBON - Dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) Tahun 2024, Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon, menggelar aksi bersih pantai yang dipusatkan di Desa Galala, Kecamatan Sirimau, jumat pekan kemarin.

Penjabat Wali Kota, Bodewin Wattimena, pimpinan OPD serta Aparatur Spil Negara di lingkungan Pemkot Ambon, hadi pada kegiatan dimaksud.

Watttimena dalam sambutannya mengawali aksi terebut menyampaikan peringatan HPSN menjadi sumber daya produktif menuju Zero Waste, Zero Emission di Kota Ambon.

"Ini merupakan salah satu langkah dalam upaya mengelola sampah dari pola kumpul, angkut dan buang menjadi hindari, batasi, pilah, dan proses akhir yang menjadi kebutuhan kita bersama sehingga sampah dapat memberikan manfaat lingkungan, sosial, ekonomi secara bersama,"tuturnya.

Disebutkannya sesuai surat edaran Menteri LHK Nomor 2 Tahun 2024 tyentang peringatan HPSN, maka di tahun ini mengusung tema “Atasi Sampah Plastik Dengan Cara Produktif”.

“Tema tersebut memberi pesan buat kita semua bahwa urusan sampah plastik adalah urusan penting dan mendesak sehingga harus menjadi satu urusan prioritas,”tegasnya.

Ditambahkan salah satu cara mengatasi sampah plastik antara lain, pemerintah mesti berperan aktif dalam mengatasi polusi akibat sampah plastik serta membutuhkan partisipasi masyarakat dalam perubahan perilaku gaya hidup minim sampah dan budidayakan memilah sampah.

“Untuk menyelesaikan urusan sampah plastik tidak cukup dengan hal-hal biasa saja, namun butuh cara luar biasa yang memerlukan gagasan dan inovasi baru sehingga dapat memaduserasikan antara kepentingan ekonomi dan sosial,”ingatnya.

Sekedar diketahui peringatan Tahun HPSN 2024 di Kota Ambon,  selain diisi dengan aksi bersih pantai, juga ada dialog, talkshow dan Podcast. Turut hadir pada aksi bersih sampah di Desa Galala, DLHP Provinsi Maluku, BPJS Ketenagakerjaan, USAID-CCBO dan PT Telkom Indonesia yang memberikan bantuan satu unit motor tosa bagi Pemkot Ambon. (KTL)

Komentar

Loading...