Akui Administrasi Pelaporan Pemkot Ambon Lemah

KABARTIMURNEWS.COM,AMBON - Penjabat Wali Kota, Bodewin Wattimena, mengakui sistem administrasi pelaporan Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon, lemah.

Ini setelah hasil Evaluasi Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (EPPD), Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) terhadap kinerja Pemkot Ambon, mendapat penilaian terendah termasuk se-Provinsi Maluku.

"Kita udah menerima SK hasil EPPD dari  Kemendagri dan ternyata hasil kita terendah. Untuk soal administrasi, laporan kita masih lemah dan perlu terus diperbaiki," tandas Wattimena dalam arahannya saat memimpin apel pagi, bertempat di Pattimura Park Ambon, Senin (22/1).

Dikatakan rendahnya sistem pelaporan dan administrasi disebabkan  ada OPD di Pemkot Ambon, yang tidak melakukan penginputan data pada sistim. Padahal hal tersebut tidak perlu terjadi, karena di masing-masing OPD telah ditempatkan admin yang bertanggung jawab menginput laporan tersebut.

"Sebenarnya ini tinggal masing-masing OPD terkait melaporkan atau menginput di sistim, hanya saja karena mungkin ada yang tidak menginput sehingga skor kita sangat rendah. Tapi kalau itu terjadi hanya kelalaian kita dalam hal ini Admin OPD dalam menginput di sistim yang ada, maka hal itu sebenarnya tidak perlu terjadi,"katanya.

Wattimena mengingatkan seluruh OPD agar persoalan seperti ini kedepannya tidak terjadi lagi, apalagi penyampaian laporan merupakan pekerjaan rutin yang dilaksanakan setiap tahun untuk melakukan penginputan pada masing-masing sistim yang sudah tersedia.

"Jadi persoalan bukan di Pemkot tidak mampu, tetapi karena kita tidak serius memenuhi kewajiban untuk melakukan penginputan pada masing-masing sistim yang sudah tersedia. Kita sudah tahu setiap tahun apa yang harus kita laporkan, itu pekerjaan rutin bukan hal baru yang kita rapatkan, ingatkan. Kalau itu hal rutin yang terjadi setiap tahun, maka masing-masing OPD musti sudah tahu setiap tahun harus buat apa terkait laporan-laporan ke pemerintah pusat,"ingatnya.

Ia berharap kepada seluruh pihak untuk bekerja dengan semangat kebersamaan untuk melakukan yang terbaik bagi Kota Ambon .

"Walaupun sudah banyak mendapat apresiasi dan penghargaan baik dari Pemerintah Pusat dan Pemerintah Provinsi Maluku terhadap penyelenggaraan Pemerintahan Daerah, namun masih terdapat beberapa kelemahan dalam pelaksanaan pemerintahan, terutama dari sisi Administrasi dan pelaporan ini yang harus diperbaiki. Apalagi ke depan kita punya banyak tantangan yang akan dihadapi, saya berharap itu menjadi semangat motivasi kita untuk melakukan yang terbaik bagi kota ini,"pintanya. (KTL)

Komentar

Loading...