Ganjil-Genap Angkot Berlanjut di 2021

KABARTIMURNEWS.COM, AMBON- Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Ambon merencanakan di tahun 2021 mendatang, angkot yang beroperasi di Kota Ambon akan diberlakukan sistem ship seperti yang diterapkan saat ini.

Kadishub, Robby Sapulete mengatakan, tingkat kepadatan angkot di Kota Ambon sudah sangat tinggi. Supaya bisa mengurangi itu, Dishub merencanakan akan memberlakukan sistem ganjil-genap. “Ini baru rencana. Nanti dikaji lagi,” kata Robby kepada Kabar Timur di Ambon, Kamis (26/11),

Menurutnya, untuk pemberlakukan ship, Dishub tidak akan memutuskan secara sepihak. Dishub harus membahas ini bersama pemilik kendaraan maupun perwakilan sopir-sopir angkot. “Kalau dalam pembahasan itu, pemilik angkot maupun sopir menerima, maka kita berlakukan ship. Tapi kalau tidak, nanti kita lihat lagi,” paparnya.

Dia mengaku, sistem ini sangat membantu mengurangi angka kemacetan di Kota Ambon. Hal ini bisa dilihat setelah hampir 10 bulan ship angkot diterapkan di Ambon. Selain itu juga, lanjut Robby, sistem ship membantu sopir untuk tidak terlalu full bekerja. Mereka bisa istirahat sehari untuk kegiatan lainnya.

“Itu akan di permanen jika sudah melalui kajian dan disetujui semua pihak yang terlibat,” terangnya

Apakah angka kemacetan ini tinggi tidak terlepas dari banyaknya surat ijin yang dikeluarkan Dishub Ambon? Robby mengatakan, tidak juga. Sebab Dishub sendiri telah menghentikan mengeluarkan ijin angkot di Ambon. “Kita sudah hentikan ijin untuk angkot. Malah yang hari ini bertambah itu mobil pribadi,” tukas dia (KTY)

Komentar

Loading...