YPM-Dinkes Layanan VCT HIV Keliling

ANTARANEWS

KABARTIMURNEWS.COM, AMBON-Yayasan Pelangi Maluku (YPM) bersama Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Ambon melakukan layanan Mobile Voluntary Counselling and Testing (VCT)  HIV/AIDS.

Direktur YPM Maluku, Rosa Pentury mengatakan, mobile VCT atau layanan tes dan konseling HIV/AIDS merupakan program untuk memeriksakan secara rutin enam bulan para pasien HIV/AIDS. “Layanan ini dilakukan setiap enam bulan sebagai upaya memeriksa kesehatan pasien lama untuk memastikan status HIV atau IMS aman atau tidak,” ujar Pentury di Ambon, Kamis (24/9).
Dikatakan layanan mobile VCT di masa pandemi COVID-19 dilakukan di beberapa titik yang menjadi titik kumpul komunitas.

Kondisi wabah corona, pihaknya melakukan sistem jemput bola untuk melakukan tes serta konseling bagi para komunitas di sejumlah titik di kota Ambon.

“Kami dari Klinik Candela berkoordinasi dengan Dinkes melakukan kunjungan ke titik yang setiap enam bulan kita kunjungi untuk melakukan tes, mengingat situasi pandemi pasien tidak tahu harus akses kemana sehingga kita melakukan sistem layanan keliling,” ujarnya.

Layanan tersebut kata Pentury, petugas memberikan konseling dan pengambilan sampel darah untuk diperiksa di laboratorium, sebagai upaya untuk mendeteksi HIV/AIDS sejak dini. “Petugas mendatangi titik kumpul yang menjadi lokasi strategis bagi komunitas untuk dilakukan pemeriksaan,” katanya.

Pemeriksaan juga terbuka untuk masyarakat yang ingin memeriksa kesehatan apakah beresiko tertular HIV/AIDS atau tidak. “Kita sangat dibantu petugas medis Dinkes Ambon yang membantu mendatangi lokasi komunitas, selain itu Disperindag yang membantu fasilitasi pelaku usaha yang bersedia agar tempat usaha mereka untuk melalukan tes dan konseling,” ujar Pentury.

Pentury menyebutkan, data YPM data ODHA baru di periode Juni 2020 sebanyak 207 orang. Sedangkan hingga September 2020 terjadi penambahan 70-90 ODHA baru. (AN/KT)

Komentar

Loading...