Walikota Serahkan Banpres Bagi 3.500 UMKM

ISTIMEWA

KABARTIMURNEWS.COM,AMBON-Ribuan pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kota Ambon memperoleh Bantuan Presiden (Banpres) Produktif.

Walikota Ambon Richard Louhenapessy menyerahkan Banpres berupa uang tunai kepada sebanyak 3.500 pelaku UMKM. Para pelaku usaha mikro ini mendapatkan bantuan UMKM Rp 2,4 juta.

Bantuan diserahkan oleh Louhenapessy usai upacara peringatan HUT Kota Ambon ke-445 berlangsung di lpangan upacara Tahapary Polda Maluku di kawasan Tantui, Senin (7/9).
“Banpres itu diberikan untuk meningkatkan produktifitas para pelaku UMKM di tengah adaptasi kebiasaan baru,” ujar Louhenapessy.

Pemerintah Kota Ambon mengusulkan 20.000 UMKM, namun yang masih terealisasi 3.500 UMKM. “Kita berharap dalam waktu dekat bantuan tersebut disalurkan lagi oleh pemerintah pusat,” ujarnya.

Pelaku UMKM yang menerima Banpres telah terdata by name by address. Data tersebut telah tercover juga di BRI selaku bank penyalur Banpres bagi pelaku UMKM di Kota Ambon yang bekerjasama dengan Pemkot Ambon. “Jadi itu kebijakan presiden memberikan bantuan masing-masing Rp 2,4 juta bagi pelaku UMKM,” kata mantan ketua DPRD Maluku ini.

Banpres Produktif akan disalurkan hingga September 2020. Usulan bantuan UMKM Rp 2,4 juta akan ditutup bila kuota sudah terpenuhi.

Dalam laman Kementerian Koperasi dan UKM dijelaskan, Banpres Produktif untuk Usaha Mikro ini adalah dana hibah bukan pinjaman atau kredit. Penerima bantuan UMKM Rp 2,4 juta tidak dipungut biaya dalam penyalurannya kepada para pelaku usaha.

“Program Banpres Produktif untuk Usaha Mikro adalah strategi pemerintah untuk membantu usaha mikro agar bertahan di tengah pandemi COVID-19,” tulis Kementerian Koperasi dan UKM dalam situsnya, Rabu (9/9).

Penyaluran bantuan tercantum dalam surat Kementerian Koperasi dan UKM nomor 367/SM/VIII/2020 tanggal 4 Agustus 2020, tentang Pendataan Program Bantuan Bagi Pelaku Usaha Mikro.

Bantuan UMKM Rp 2,4 juta nantinya sampai ke rekening pemerima melaui bank penyalur yaitu BRI, BNI, dan Bank Syariah Mandiri. UMKM yang menerima bantuan akan menerima pesan singkat SMS dari bank penyalur.

Bagi UMKM yang belum punya rekening akan dibuatkan bank penyalur saat pencairan dana Bansos Produktif. Dana bantuan UMKM Rp 2,4 juta akan diberikan langsung pada yang telah memenuhi syarat dan diusulkan lembaga pengusul.

Setelah mendapat pesan singkat penerimaan bantuan UMKM Rp 2,4 juta, pelaku usaha dapat langsung melakukan verifikasi di bank penyalur. Usai verifikasi, proses pencarian dana bantuan bisa selesa dilaksanakan pelaku UMKM dan bank penyalur. (KT)