Sekilas Info

Pemkot Akan Tambah Lagi Dua Pos Pemadam Kebakaran

Ilustrasi

KABARTIMURNEWS.COM, AMBON- Tahun 2020 mendatang kantor pos pemadam kebakaran akan dibangun di dua lokasi berbeda yaitu di Desa Wayame dan di Kelurahan Nusaniwe.

Sekretaris Bappeda Litbang Kota Ambon, Febry Maail, mengatakan, pembangunan dua pos pemadam kebakaran yang akan dibangun ini sesuai dengan kebutuhan, selain dua pos pemadam kebakaran yang lainnya yaitu Desa Passo dan kantor induk.

“Dua pos yang dibangun di Wayame dan Nusaniwe bersumber dari` anggaran APBD 2020. Anggaran pembangunan pun harus sesuai dengan kebutuhan yang diperlukan, “kata Maail kepada wartawan di Ambon, Senin (9/9).

Karena menurut Maail, ada hal-hal lainnya yang juga harus diperhatikan misalnya di pos itu memerlukan berapa orang, fasilitas apa yang harus ada, berapa penjaga, berapa mobil yang ada, karena itu akan ada biaya tuntutan dari pos.

“Jika ada usulan lebih dari dua pos kita akan tampung dulu sehingga mungkin tahun-tahun berikutnya dapat dipertimbangkan sesuai dengan kebutuhan,”kata Maail.

Karena anggaran yang dibutuhkan terbatas, kata Maail, untuk itu apa yang menjadi kebutuhan Kota Ambon yang paling penting harus diprioritaskan.”Karena kebutuhan Kota Ambon juga banyak. Memang ada anggaran tapi terbatas, tapi kedepan-kedepan mungkin pos pemadam kebakaran bisa dibangun lagi secara bertahap,”katanya.

Sebelumnya Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Ambon, Edwin Pattikawa, mengatakan, pihaknya telah mengusulkan harus ada pos pemadam kebakaran di lima kecamatan namun terkendala dengan lahan dan anggaran.”Itu menjadi kendala untuk pembangunan pos pemadam kebakaran,”jelas Edwin.

Pattikawa menjelaskan, idealnya semua kecamatan harus memiliki pos pemadam kebakaran guna membantu tugas penyelematan ketika terjadi peristiwa kebakaran.

“Kami berharap tahun ini sudah ada pembangunan, bahkan jika belum kami tetap usul untuk tahun depan.

Pembangunan satu pos pemadam kebakaran memakan biaya sekitar 500 juta per pos,”kata dia. (MG2)

Penulis:

Baca Juga