Sekilas Info

Ratusan Koperasi Terancam Dibekukan

Ilustrasi

KABARTIMURNEWS.COM, AMBON- DARI total 642 koperasi di Kota Ambon, sebanyak 377 koperasi diketahui tidak aktif atau mati suri. Rencanannya Dinas Doperasi dan UKM Kota Ambon akan segera membekukan koperasi-koperasi tersebut tahun.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kota Ambon, Marthen Keiluhu, menjelaskan, koperasi yang masih aktif di Kota Ambon berjumlah 265. Untuk itu kata Keiluhu, ratusan koperasi yang tidak aktif lagi akan dibekukan sesuai dengan surat pengusulan pembekuan koperasi untuk Kementerian Koperasi dan UKM.

“Terhadap koperasi yang tidak lagi aktif ini kita akan mengusulkan untuk dibekukan,”kata Keiluhu kepada wartawan di Ambon, kemarin.

Dikatakan, surat dari pusat terkait pembekuan koperasi sudah diterima, namun pihaknya masih berupaya untuk menata lagi koperasi-koperasi tersebut.
“Kita sudah bekukan 95 koperasi dan memerlukan waktu proses dua tahun,”sambung Keiluhu.

Keiluhu menyebutkan, proses pembekuan dilakukan karena ada koperasi yang tidak aktif dan ada koperasi yang tidak bisa direhabilitasi lagi karena tidak ada anggotanya.

“Jadi misalnya dua tahun berturut-turut tidak melakukan rapat anggota itu diangap tidak aktif, kemudian kalau mereka masih melaksanankan aktivitasnya kita bisa rehabilitas tapi ada juga koperasi yang tidak ada keberadaanya, badan hukum ada tapi koperasinya tidak beraktivitas,”ungkap Keiluhu. (MG2)

Penulis:

Baca Juga