Sekilas Info

Ambon City of Music Bisa Jadi Branding

Anthony Gustav

KABARTIMURNEWS.COM, AMBON- Imbas positif dari penetapan Ambon sebagai City of Music oleh UNESCO, turut mengangkat nama baik Kota Ambon di mata dunia.

Sekretaris Kota (Sekot) Ambon Anthony Gustav. Latuheru mengungkapkan musik bagi Maluku bukan hal yang asing lagi, dan itu sudah menjadi bagian dari karakter masyarakat di Ambon.

“Spirit musik yang tumbuh dan berkembang secara alami itulah yang kemudian mendorong pemerintah untuk menjadikan musik sebagai identitas masyarakat. Sekaligus, sebagai salah satu pilar ekonomi kreatif yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ungkap Latuheru di sela-sela lomba musikalisasi se-Provinsi Maluku, di Gedung Teater Taman Budaya Maluku, Sabtu (24/8).

Latuheru menyebutkan, program Ambon city of music telah menjadi branding Kota Ambon yang diakui ditingkat Nasional sebagai salah satu top 45 inovasi pelayanan publik dan selanjutnya di tingkat dunia. Ambon city of music akan segera mendapatkan pengakuan dari UNESCO di tahun ini juga.

“Tanpa kita sadari musik yang dulu hanya kita mainkan sekedar sebagai hobi, kini telah mengangkat harkat dan martabat kita di mata dunia, duduk sejajar dengan kota-kota yang masuk dalam kota kreatif lainnya,”ungkap Latuheru.

Oleh sebab itu, menurut Latuheru kegiatan musikalisasi puisi ini seyogyanya mendapat apresiasi dari pemerintah dan masyarakat Kota Ambon sebagai bagian dari pelestarian identitas masyarakat.

“Selain itu kegiatan ini diharapkan dapat membuka kecintaan kita terhadap bahasa dan sastra Indonesia,” tutur Latuheru.

Kepala Kantor Bahasa Provinsi Maluku Arif mengatakan, semua peserta yang berkompetitif dapat mengambil manfaat bukan menjadi juara satu tetapi berkarya tampil di sini kita munculkan kemampuan terbaik.

Lanjut dia mengatakan, Kantor Bahasa Provinsi Maluku berkomitmen setiap tahun melakukan perbaikan-perbaikan dalam rangka menyuskseskan acara-acara seperti ini.

“Bahkan peserta terbaik dalam acara ini akan mewakili Maluku pada tingkat nasional yang akan diadakan di Jakarta pada Oktober tentunya kami akan menyeleksi dengan sebaik-baiknya,”sambung Arif.(MG2)

Penulis:

Baca Juga