Minggu Depan Dana Kelurahan Tahap II Bisa Dicairkan

Ilustrasi

KABARTIMURNEWS.COM, AMBON- Dalam waktu dekat dana kelurahan tahap II akan dicairkan untuk 20 kelurahan di Kota Ambon.

Pelaksana Harian (Plh) Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Ambon Apries Gaszpers mengatakan, laporan pertanggungjawaban tahap I telah masuk ke Kementerian Keuangan (Kemenkeu) RI l, sehingga Kemenkeu siap mencairkan dana kelurahan tahap II.

“Minggu depan sudah masuk Dana kelurahan tahap II sebesar Rp 7,58 miliar. Dana ini memang dicairkan dalam dua tahap untuk masing-masing kelurahan. Tahap I sebesar Rp 350 juta dan tahap II dicairkan sebesar Rp 176 juta,” jelas Gaszpers kepada wartawan di Ambon, Kamis (15/8).

Lanjut Gaszpers mengatakan, sekarang ini pihaknya sementara menunggu dana kelurahan tahap II masuk ke Pemerintah Kota Ambon melalui BPKAD baru diproses ke kelurahan.

“Dananya akan di kirim melalui PemerintH Kota Ambon melalui BPKAD,”jelasnya.

Gaszpers menjelaskan, dana kelurahan digunakan dalam dua indikator yaitu pertama pemberdayan dan tahap ke dua untuk pembangunan infrastrukur kelurahan.”Kalau tahap II ini banyak ke pembangunan infrastruktur kelurahan,”kata dia.

Gaszpers menyebutkan, Pemerintah Kota Ambon harus melaksanakan proses penggunaan dana kelurahan sampai selesai agar tidak terkena sanksi.
“Karena memang itu merupakan mandataris pending. Kalau kita tidak laksankan itu kena sanksi , tunda Dana Alokasi Umum (DAU),”tandas Gaszpers.(MG2)

Penulis:

Baca Juga