Sekilas Info

Negeri Ema Dan Passo Ramaikan Festival Idul Adha di Batu Merah

Foto: Ilustrasi

KABARTIMURNEWS.COM, AMBON- Sejumlah tarian warnai Festival Hadroh dan Karnaval Negeri Batu Merah dalam rangka Hari Raya Idul Adha 1440 Masehi, di Negeri Batu Merah, Sabtu (10/8).

Festival Hadrah & Karnaval Negeri Batu Merah tersebut diawali dengan tarian Sawat Batu Merah dan dilanjutkan dengan tarian Perisai dari Negeri Ema dan Tari Lenso yang dibawahkan oleh Pela Negeri Batu Merah yakni Negeri Passo.

Bukan hanya itu, Tarian Alifuru Ekekewa dari Negeri Batu Merah juga mewarnai karnaval dan festival tersebut dan juga Tarian Para Leluhur Untuk Cari Makan yang diiringi pukulan tifa serta dikolaborasi dengab Bahasa Alifuru yang dipakai penari. Tak hanya tarian asal Maluku tapi juga paguyuban Jawa.

Wakil Gubernur Maluku Barnabas Orno yang hadir mengatakan, ikatan ini harus dijaga dengan baik sehingga kearifan lokal dan entitas budaya ini harus terus mengakar.

“Maka tidak boleh dirusak oleh kepentingan politik apapun itu,” pesannya itu di sela-sela festival dan karnaval.

Walaupun kata Orno, hanya dipisahkan karena agama, tapi harus disatukan dalam ikatan adat, pela gandong.

“Yang harus terjaga dan terpelihara oleh kita bahkan sampai kepada penerus kita, “tandas Orno.

Wakil Walikota Ambon Syarif Hadler mengatakan, festival dan karnaval yang dilaksanakan rutin tiap tahun kali ini nuansanya agak berbeda.

“Sebab tak hanya hadrat dari Batu Merah tapi juga dari pela Passo dan Negeri Ema serta Negeri Hunissi Seram,”kata Hadler.

Hadler mengatakan, untuk itulah kesatuan yang luar biasa yang mewarnai hidup orang bersaudara harus dijadikan budaya untuk memperekat kekerabatan diantara semua masyarakat Maluku.

“Sehingga tidak hanya dijadikan tontonan event budaya semata. Karena itu, event ini bisa diagendakan dalam kalender tahunan Dinas Pariwisata Kota Ambon,”katanya. (MG2)

Penulis:

Baca Juga