Sekilas Info

Ridha Saleh Didukung Nelayan-Petani Jadi Calon Wakil Gubernur Sulteng

Antaranews.com

Palu - Mantan Komisioner Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas-HAM) M Ridha Saleh mendapat dukungan penuh dari sejumlah kelompok nelayan dan petani dari berbagai daerah di Sulawesi Tengah (Sulteng), untuk maju sebagai bakal calon wakil gubernur Sulteng periode 2020-2025.

Ketua Umum Kesatuan Nelayan Tradisional Indonesia, M. Riza Damanik, di Palu, Senin, menilai Ridha Saleh adalah sosok yang layak untuk menjadi wakil gubernur Sulteng mengingat pengalamannya semenjak menjadi Wakil Ketua Komnas HAM RI.

“Ridha Saleh mengukir banyak prestasi khususnya dalam membela hak-hak nelayan tradisional. Sepengetahuan saya, saat aktif sebagai aktivis di Sulteng, beliau juga aktif membela hak-hak nelayan, termasuk nelayan Teluk Palu, Donggala dan Kepulauan Togean, serta Masyarat Bajo di Morowali,” ucap Riza.

Nelayan dari berbagai kelompok yang tergabung dalam Kesatuan Nelayan Tradisional Indonesia mendukung Ridha Saleh untuk berpasangan dengan Bendahara DPP NasDem, Ahmad M Ali pada pilkada serentak tahun 2020, pemilihan gubernur dan wakil gubernur Sulteng.

Bagi Riza, Ridha saleh adalah tokoh yang patut untuk dipertimbangkan menjadi wakil gubernur Sulteng, jika ingin melihat pembangunan di daerah tersebut cepat berkembang dan maju.

Terkait hal itu, Ketua Umum Gerbang Tani Indonesia, Idham Arsyad, menyebut komitmen Ridha Saleh dalam membela hak-hak petani tidak diragukan lagi.

Banyak sekali bukti dari sepak terjang beliau dalam membela dan memperjuangkan hak dan kesejahteraan kaum tani,” ujar Idham.

Menurut Idham, Sulteng hingga saat ini masih banyak persoalan tanah dan hak petani. Untuk itu, dirinya meyakini jika Ridha Saleh dipercayakan untuk menjadi wakil gubernur, berbagai problematika tersebut bisa dituntaskan dan tentunya akan berimbas pada kesejahteraan petani.

“Saya pikir, persoalan tanah dan hak petani bisa akan menemukan harapan untuk diprioritaskan sebagai program pembangunan di Sulawesi Tengah,” tegas Idham.

Dia mengutarakan, Sulteng sebagai daerah agraris yang sebagian besar warganya bergantung pada pertanian membutuhkan sosok pemimpin yang memahami masalah pertanian dan pedesaan.

Ridha Saleh, di kenal sebagai aktivis pembela hak asasi manusia, sekaligus aktivis agraria. Terkait persiapan pilkada Sulteng, akhir-akhir ini, dukungan terhadap Ridha Saleh menjadi cawagub Sulteng 2020 berpasangan dengan Ahmad HM. Ali berdatangan dari berbagai kelompok dan tokoh. 

(AN/KT)

Penulis:

Baca Juga