Sekilas Info

DP3MD Ambon Optimalkan Forum Anak

Rulien Purmiasa

KABARTIMURNEWS.COM, Dnas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Masyarakat Desa (DP3MD) Pemerintah kota Ambon mengoptimalkan Forum Anak Kota Ambon yang dibentuk November 2018.

Forum Anak Kota Ambon merupakan wadah untuk menyalurkan aspirasi dan pengembangan kreatifitas anak, sehingga keberadaan forum ini harus dioptimalkan.
Demikian dikatakan Kepala DP3MD Ambon, Rulien Purmiasa di Ambon, kemarin. Menurutnya, pembentukan forum anak sebagai wadah menyiapkan masa depan anak Ambon, dalam menyalurkan aspirasi dan pengembangan kreatifitas anak, serta upaya pemenuhan hak dan tumbuh kembang anak.
Forum ini juga berfungsi untuk membantu pemerintah dalam promosi dan menyebarluaskan informasi, terkait hak-hak anak kepada seluruh komponen masyarakat, membangun kerja sama dengan pemerintah, pemangku kwpwntingan, masyarakat, tokoh agama, adat, media massa LSM, dan dunia usaha.
"Selain itu sebagai mitra yang berkaitan dengan hak-hak anak, bekerja sama dengan mitra terkait dalam menginformasikan kasus kekerasan dan pelanggaran hak anak," katanya.
Rulien menjelaskan, memperingati Hari anak nasional 2019, akan dilakukan kegiatan pembagian 1.000 bunga stop kekerasan pada anak. "Kegiatan ini akan dilakukan forum anak Ambon, dengan membagikan 1.000 bunga sebagai bentuk stop kekerasan anak. Waktunya sementara kita sesuaikan dengan pengurus dan anggota forum anak mengingat sebagian besar mereka merupakan pelajar," ujarnya.
Ia mengakui, forum anak dilatih untuk menjadi pelapor dan pelopor. Anak sebagai pelapor bisa melaporkan hal-hal yang dialami diri sendiri atau teman sesama anak ketika terjadi pelanggaran hak-hak anak.
Sedangkan anak sebagai pelopor, anak sebagai agen perubahan, yakni dilibatkan dalam perencanaan pembangunan, didengar pendapat, suara, ide-ide kreatifnya dalam pembangunan. "Forum anak akan mendatangi sekolah untuk menyampaikan ke teman-teman mereka upaya menghindari diri dari kekerasan, sedangkan pihaknya juga akan optimalkan fungsi penyuluhan ke orang tua," katanya.
Forum anak lanjutnya, juga berfungsi untuk menampung dan menyalurkan asprasii, ide dan gagasan anak Kota Ambon yang berkaitan dangan kelangsungan hidup anak. (AN/KT)

Penulis:

Baca Juga